Career

Tiga Kunci Memulai Usaha ala TDA

Dunia kewirausahaan di Indonesia memang menunjukkan geliat yang cukup baik beberapa waktu terakhir. Kesuksesan para pelaku startup di Indonesia mendorong banyak pihak untuk menjajal kesuksesan yang sama. Sayangnya, mindset yang salah soal berwirausaha membutuhkan modal besar, penuh risiko, dan penuh ketidakpastian kerap membentur keinginan ini. Padahal, bekerja di perusahaan pun tak lepas dari berbagai resiko, semisal PHK.

Tangan Di Atas (TDA), sebuah komunitas pengusaha di Indonesia merilis tiga kiat meminimalisir resiko kegagalan bisnis. Apa saja kiat tersebut?

Belajar Cara Menjual

Seorang pakar bisnis dan behavioral science, Daniel H Pink mengatakan, berjualan merupakan fitrah manusia. Namun sayangnya, manusia kebanyakan tidak dibiasakan untuk berjualan sedari kecil.

“Entah karena dianggap tabu atau tidak bergengsi, padahal menguasai ilmu berjualan sangatlah penting. Bagi Anda yang baru memulai usaha, penting untuk segera bisa mengusai ilmu berjualan karena pada akhirnya, nyawa usaha Anda akan sangat ditentukan oleh income yang masuk dari hasil menjual produk atau jasa Anda ke pelanggan,” ungkap Daniel.

Jeli Melihat Peluang dan Tidak Takut Gagal

“Konsep bisnis yang hebat adalah yang dijalankan, bukan melulu direncanakan.”

Pastikan Anda mampu melihat peluang bisnis. Ketika Anda menemukan peluang tersebut, kumpulkan keberanian, dan jangan menunggu lama untuk mengeksekusi ide yang Anda miliki. Pasalnya, peluang sebagus apa pun jika tidak segera dieksekusi maka akan direbut orang lain. Anda harus mulai menanamkan sikap optimistis dan berorientasi pada tindakan.

Memperluas Jaringan (Networking)

Dilansir dalam publikasi artikel Harvard Business School (2015), hasil riset Dr Gardner menunjukkan kolaborasi ternyata berkorelasi secara positif terhadap pemasukan perusahaan. Dengan kata lain, seorang pebisnis harus secara aktif memperluas networking agar dapat menemukan partner yang tepat  dalam menghadapi perubahan iklim bisnis yang semakin cepat dan tak menentu seperti saat ini. Menghadiri event kewirausahaan dapat menjadi salah satu cara untuk memperluas jaringan bisnis sekaligus menambah insight Anda di dunia bisnis.

“Kami akan menggelar Pesta Wirausaha(25-27 Januari 2019) di Ecovention Hall Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dan mengundang deretan pengusaha dari pelosok Nusantara untuk berkumpul dan berjejaring guna mendorong kolaborasi baru di dunia bisnis,” ungkap TDA dalam keterangan resmi.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top