Lifestyle

Tiga Langkah Awal Aplikasikan Konsep Bersyukur

Photo Credits: 123rf

Bersyukur ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Mulai dari mengurangi rasa depresi hingga menjaga kesehatan jantung. Namun, bagi sebagian orang, tak mudah untuk mulai mengaplikasikan konsep bersyukur dalam kehidupan. Berikut ini Marketeers merangkum tiga langkah memulai bersyukur daari Profesor Psikologi di Universitas California Robert A. Emmons, check this out!

Perhatikan Kata-Kata Anda

Langkah pertama dapat dilakukan dengan mulai memperhatikan kata-kata yang Anda gunakan, bahkan ketika Anda bicara dengan diri Anda sendiri.

“Ini adalah cara paling sederhana namun paling mendalam untuk masuk ke dalam pola pikir berterimakasih. Orang-orang yang bersyukur cenderung menggunakan kata-kata seperti berkat, diberkati, keberuntungan, dan sejenisnya. Sementara mereka yang kurang bersyukur disibukkan dengan keluhan, kutukan, beban, dan kata-kata yang cenderung negatif lain,” ungkap Emmons dalam nbcnews.com.

Mulailah dengan memilih kata-kata yang positif. Berhati-hatilah dalam berbicara. “Dibandingkan mengatakan saya seharusnya menerima ini atau itu, akan lebih baik jika Anda mengatakan saya harus melakukan ini atau itu,” ungkap Emmons.

Menulis Gratitude Journal

Jangan abaikan cara kedua ini. Meski terdengar simple, tak banyak orang yang konsisten melakukan hal ini. Padahal, dampak yang diberikan bisa begitu terasa.

Ketika Anda merasa sesuatu tidak berjalan dengan baik atau Anda tidak bisa memilikinya, coba tuliskan tiga hal yang telah Anda miliki atau tengah berjalan dengan lancer di dalam catatan Anda. Tak harus di sebuah buku, Anda bisa mencatat daftar tersebut di ponsel Anda. “Catatan-catatan ini dapat membantu Anda merasa lebih bersyukur dengan apa yang Anda miliki di dalam hidup,” ungkap Emmons.

Katakan ‘Terima Kasih’

Mengucapkan kata terima kasih dapat membawa dampak positif bagi diri Anda maupun orang sekitar. Selain membuat Anda menjadi lebih bersyukur, hal ini juga akan membawa energi yang lebih baik dan menyenangkan bagi lawan bicara yang Anda ucapkan terima kasih. ” You might make someone’s day,” ujar Emmons.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top