SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Tiga Langkah Deteksi Penipuan Transaksi Bank

Kapan terakhir kali Anda memeriksa laporan transaksi bank (bank statement) Anda? Jika jawabannya satu minggu, berarti Anda sudah terlalu lama tidak memerhatikan laporan tersebut.

Baik dalam bentuk surat yang dikirimkan ke rumah maupun berbentuk e-statement, laporan transaksi bank berisi informasi penting yang dapat membantu Anda menghindari penipuan pembayaran.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi peluang terjadinya penipuan adalah dengan menjadi proaktif dan membangun kebiasaan menggunakan kartu pembayaran secara aman. Laporan-laporan daftar transaksi dalam bentuk print maupun online dapat memegang peranan penting dalam mendeteksi adanya penipuan kartu.

Jika diperhatikan baik-baik, laporan-laporan ini dapat menunjukkan apakah sebuah transaksi telah Anda setujui atau belum, sehingga membantu Anda untuk mengidentifikasi penipuan secara dini.

Mastercard berbagi tiga langkah aman untuk mendeteksi penipuan dan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melihat bank statement:

1. Daftarkan diri Anda untuk menerima notifikasi di telepon genggam

Apabila Anda sering bepergian dan ingin terus mendapat informasi terkait transaksi Anda, sejumlah bank menawarkan pilihan untuk mengirimkan notifikasi tersebut ke telepon genggam kapan pun Anda melakukan transaksi.

Dengan tampilan yang mudah disesuaikan, notifikasi-notifikasi ini dapat membantu Anda untuk memeriksa kembali transaksi pembelian dalam jumlah besar. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon Anda melalui bank Anda.

2. Periksa kembali laporan transaksi Anda

Ketika ada penipu yang mengambil uang Anda dalam jumlah kecil selama periode yang cukup lama, mereka cenderung luput dari perhatian Anda. Latihlah mata Anda untuk menangkap biaya-biaya kecil ini dalam slip transaksi ketika Anda sedang memeriksanya, dan pastikan jumlah yang tertera sudah sesuai dengan transaksi yang telah Anda lakukan.

3. Menjadi sigap dan periksa transaksi Anda secara berkala

Bangun kebiasaan untuk selalu memeriksa laporan transaksi bank Anda. Sebagian besar bank akan mengirimkan e-statement bulanan ke email Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk memeriksanya secara langsung dan lebih cepat.

Apabila Anda melihat aktivitas yang mencurigakan dalam laporan transaksi tersebut, segera hubungi bank terkait. Hal ini akan memudahkan nasabah memantau pengeluaran secara real time dan menjaga akun bank tetap aman dari penipuan.

Pada akhirnya, semua ini kembali pada keputusan Anda, apakah akan menjalankan kebiasaan ini guna memastikan pengalaman pembayaran yang lebih baik dan aman, atau justru cuek saja hingga Anda sadar telah tertipu?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top