SMEMBA 2018 Leaderboard
Opinion

Tiga Langkah Rekrut Karyawan Asing Untuk Ekspansi Global

Tidak diragukan lagi, melakukan ekspansi internasional merupakan prospek yang menarik dan menantang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Namun, tantangan ini perlu disertai dengan upaya signifikan untuk mengurangi dampak terhadap prosedur operasi yang sudah ada.

Berdasarkan riset Robert Walters yang berjudul “How to attract and retain the right talent to grow your business internationally” sebanyak 57% perusahaan Asia setuju bahwa kandidat internasional dengan pengalaman lokal dan internasional sangat penting bagi untuk memperluas bisnis secara internasional.

Menyadari kandidat internasional menjadi aset berharga, perusahaan Asia perlu memahami dan mengembangkan strategi untuk menghadapi berbagai tantangan yang mereka hadapi, dalam merekrut dan mempertahankan kandidat yang tepat.

“Berdasarkan survei kami, 70% perusahaan Asia berencana untuk melakukan ekspansi internasional dalam tiga tahun ke depan,” ujar Rachmi Fauzie, Human Resource Manager Robert Walters Indonesia.

Meski talenta international memberikan nilai dan manfaat tambahan tapi untuk mendapatkan talenta tersebut dari perusahan lainnya bukanlah perkara mudah. Sangat penting untuk perusahaan dapat memastikan proses perekrutan dan manajemen kandidat mereka menjadi lebih baik.

Salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan langkah-langkah berikut:

Pertama, membangun proposisi perusahaan untuk menarik kandidat dengan menyediakan kisaran gaji yang kompetitif dan menyorot strategi ekspansi masa depan perusahaan – serta untuk mengidentifikasi dan mempromosikan keuntungan yang mereka tawarkan atas perusahaan Barat.

Kedua, mempertahankan dan membangun budaya perusahaan yang unik, dengan membina hubungan dekat di dalam internal perusahaan di semua tingkatan – dan menciptakan budaya perusahaan kolaboratif yang dapat berubah menjadi faktor yang menguntungkan.

Ketiga, memberikan pelatihan terstruktur dan program pengembangan karier yang dapat membantu membentuk karir profesional karyawan – dengan opsi untuk menerapkan program rotasi pekerjaan agar karyawan dapat memperoleh ikhtisar bisnis dan berbagai keterampilan yang dapat membantu mendorong bisnis.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top