Automotive

Tiga Strategi Hino Sambut Tahun Politik

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menjalani tahun 2018 dengan sangat manis. Tumbuh sekitar 35%, HMSI bertekad menjaga sedikit menjaga pertumbuhannya tahun 2019. HMSI pun menargetkan pertumbuhan bisnis 12% tahun ini. Berbagai kondisi mulai dari penurunan industri mining hingga isu politik membuat pabrikan Jepang ini harus mengencangkan ikat pinggang. Mereka pun memiliki tiga strategi inti, apa saja?

Strategi produk

Setelah tahun 2018 mengakhiri penjualan di angka 40.072, HMSI menargetkan penjualan tahun ini sebesar 45.000 atau tumbuh 12%. Porsi penjualan terdiri dari light duty truck sebesar 20.000 unit dan medium duty truck 25.000 kendaraan.

Hal ini didasari oleh pembangunan proyek-proyek infrastruktur yang masih banyak berjalan, logistik atau segmen kargo yang baik karena konsumsi atau daya beli masyarakat yang stabil. Belum lagi, tol Trans Jawa yang sudah tersambung membantu arus percepatan distribusi barang.

“Tahun ini yang cukup propektif datang dari segmen kargo di tengah kemungkinan segmen mining menurun. Namun kembali kami akan lihat perkembangan harga komoditas,” jelas Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI di Kuningan, Jakarta, Senin (11/2/2019)

Dalam upaya mencapai target penjualan tersebut, beberapa pengembangan telah Hino lalukan baik itu dari sisi produk maupun layanan. Tahun ini produk Hino, khususnya untuk segmen kargo atau transportasi logistik baik itu Hino New Generation Ranger dan Hino New Dutro akan ada penambahan fitur terbaru yaitu rear camera yang menambah keselamatan pengemudi ketika mundur atau parkir di area yang sulit dilihat.

Selain itu, untuk meningkatkan standard keamanan setiap produk Hino juga dilengkapi dengan side guard atau pelindung bagian samping demi mencegah dari kecelakaan lalu lintas yang memakan korban masuk kendaraan.

Tidak ketinggalan, penggunaan sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS) khusus untuk angkutan bahan bakar minyak, gas, bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya juga ditambahkan.

Peningkatan Jaringan

Pengembangan jaringan juga menjadi salah satu kunci Hino untuk memantapkan posisinya sebagai market leader medium duty truck yang telah bertahan selama 19 tahun. Saat ini Hino memiliki jaringan outlet diler sebanyak 165 cabang yang tersebar diseluruh Indonesia.

Tahun ini, Hino menargetkan akan menambah jaringan ini menjadi 188 outlet yang akan mengisi area – area strategis.

Trusted People Development

Tidak hanya produk dan layanan purna jual. Sumber daya manusia (SDM) turut menjadi perhatian tahun ini. Hino pun akan melanjutkan Hino Safety Driving Competition yang sudah digelar selama dua tahun terakhir. Total roadshow keselamatan berkendara ini sudah melewati 21 kota dengan total peserta yang berhasil diedukasi lebih dari 1.500 pengemudi dari 752 perusahaan pelanggan setia Hino.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top