Lifestyle

Tiga Tips Foto Produk untuk Maksimalkan Bisnis Online Anda

Kompakers Bandung

Bisnis online terus menjamur. Selain mudah untuk dilakukan, banyak sekali pilihan bisnis online yang hanya bermodalkan akses internet dan ponsel pintar. Bisnis ini pun sudah banyak melahirkan pengusaha sukses baru di Tanah Air. Dalam membangun bisnis online, penampilan adalah salah satu kunci sukses untuk menarik perhatian netizen.

Dari sini, setiap brand harus mampu menampilkan produk mereka semenarik mungkin. Teknik fotografi pun dibutuhkan. Berikut lima tips foto produk dari komunitas Kompakers Bandung.

Sesuaikan pencahayaan untuk foto outdoor/indoor

Untuk dua kondisi ini membutuhkan teknik memotret yang berbeda. Satu hal yang paling mencolok perbedaannya adalah pencahayaan. Bagi para anggota komunitas Kompakers Bandung, ketika dalam kondisi foto outdoor, cahaya alami yang lebih lembut menjadi kesukaan mereka. Waktu seperti pagi hari dan sore menjelang petang dinilai menjadi waktu terbaik untuk mendapatkan cahaya yang lembut.

Sementara untuk foto indoor, pencahayaan tambahan seperti lighting softbox sangat disarankan untuk mendukung proses foto produk.

Angle

Untuk memotret produk, seperti makanan, minuman atau kosmetik, pastikan posisi kamera lebih tinggi dari produk. Posisi high angle atau lebih tinggi 45 derajat atau bird eye angle masih menjadi andalan para fotografer dari komunitas ini.

“Dalam mengambil foto produk, angle pengambilan gambar menjadi yang paling penting,” ujar Puti Aliya Dewi, Ketua Kompakers Bandung di panggung Jakarta Marketing Week 2019 yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jumat (26/4/2019).

By Lizzie Parra (BLP) Cosmetics (Foto: Ivan Marketeers)

Editing secukupnya

Tidak dipungkiri, proses ini sangat dibutuhkan. Hanya saja, editlah foto Anda secukupnya. Terlalu banyak melakukan editing, akan me-resize hasil foto yang sudah Anda dapatkan.

Selain itu, pastikan juga foto Anda menghasilkan tone yang sepadan. Misal, di dalam foto, terdapat objek yang memiliki warna merah jambu, pastikan latar dan benda-benda pemanis di sekitar memiliki tone yang sama. “Jangan sampai tiba-tiba ada warna hitam mencolok. Kecuali, jika yang mencolok tersebut adalah produk Anda,” tambah perempuan yang akrab disapa Bukem ini.

Foto: Ivan Marketeers

Nah, bagi Anda yang senang dunia fotografi namun merasa tidak memiliki wadah untuk menampilkan foto Anda, Anda bisa bergabung dengan komunitas Kompakers.

Untuk bergabung, Anda bisa mulai mengikuti akun Instagram @uploadkompakan dan mulai mengirimkan foto Anda ke akun tersebut. Anda pun bisa ikut para anggota komunitas untuk kopi darat sesuai daerahnya.

“Komunitas Kompakers kini sudah ada Aceh, Padang, Palembang, Bandung, Jakarta, bahkan Qatar, Australia, dan Jepang. Silakan bergabung. Syaratnya hanya rutin berburu dan menyetor foto Anda,” tutup Bukem.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top