AMS 2018 Leaderboard
Automotive

Tingkatkan Kemampuan Siswa SMK, KTB Gelar Adu Keahlian Otomotif

Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus membuktikan konsistensinya untuk peduli pada dunia pendidikan di Indonesia. Rentang kegiatan corporate social responsibility dari distributor kendaraan niaga dan bus Mitsubishi ini pun cukup luas. Mulai dari memberikan beasiswa ke siswa, membantu komunitas, memberikan donasi, hingga menggelar lomba keahlian para siswa.

Untuk dunia vokasi, KTB telah menggelar program Fuso Vocational Education Program. Salah satu programnya adalah Fuso Student Skill Competition. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keahlian dan semangat untuk lebih memperdalam pengetahuan otomotif para siswa SMK.

“KTB memiliki perhatian yang besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial kami. Harapannya, program ini memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang harus siap menghadapi tantangan di masa depan dengan memiliki pengetahuan dan keahlian yang baik,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB, di GIIAS 2018, hari ini (08/08/2018).

Kompetisi ini diikuti oleh 550 siswa SMK dari 10 kota di Indonesia. Sebelumnya, untuk kesebelas SMK ini, KTB telah mendonasikan unit Mitsubishi Fuso Colt Diesel. Pemberian dilakukan pada tahun lalu yang berlanjut dengan pelatihan bagi siswa dan guru. SMK-SMK ini tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Bengkulu, Bandung, Jakarta, Solo, Malang, Banjarmasin, dan Makassar.

Kompetisi terdiri dari tes teori dan praktik dan dibagi menjadi tiga tahap.  Pada kompetisi ini, materi yang diujikan meliputi basic electrical, engine component measurement, engine valve adjusment, brake adjustment, serta  bagaimana altenator, motor starters, dan clutch bekerja. Tampil sebagai pemenang pada kompetisi ini, Juara I SMK Bhakti Bangsa-Banjarbaru, II SMK Negeri 1 Singosari-Malang, dan III SMK Mandiri-Medan.

Bisnis

Hingga semester I 2018, pasar kendaraan niaga terus menunjukkan pertumbuhan positif.  Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada semester ini pasar truk dan bus tumbuh 33,6%. Angkanta meningkat dari 41.500 unit di semester I tahun lalu menjadi 55.437 di periode yang sama tahun ini.

“Pada enam bulan pertama ini, kendaraan niaga tumbuh positif. Kami optimistis kondisi ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini. Saat ini, pangsa pasar kami di angka 45,9%. Sektor-sektor yang  menjadi kontributor besar, antara lain infrastruktur, komoditas, dan pertambangan,” kata Duljatmono, Direktur Marketing KTB.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top