Grapeshot Leaderboard
Consumer Goods

Tokopedia Luncurkan Program Khusus Loyalitas Konsumen

Loyalitas Konsumen Tokopedia

Tokopedia meluncurkan program loyalitas pelanggan bernama TokoPoints. Program ini memungkinkan setiap pengguna Tokopedia mengumpulkan loyalty dan poin dari setiap transaksi yang dilakukan melalui situs dan aplikasi Tokopedia.

Poin tersebut dapat ditukarkan dengan kupon-kupon reward menarik mulai dari ongkos kirim gratis, cashback untuk pulsa listrik, paket data, dan hadiah lainnya. Sementara itu, lewat pengumpulan loyalty pengguna juga dapat meningkatkan tingkat akun mereka di Tokopedia.

Aldo Tjahjadi, Co-Head Marketplace Tokopedia mengatakan bahwa TokoPoints merupakan wujud rasa terima kasih Tokopedia terhadap kesetiaan para konsumen. “Kami mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap Tokopedia selama lebih dari delapan tahun ini. Kesetiaan konsumen adalah motivasi Tokopedia untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman berbelanja daring terbaik untuk masyarakat Indonesia,” kata Aldo.

Ia menambahkan, melalui program TokoPoints, Tokopedia berharap lebih banyak lagi masyarakat yang terdorong untuk memanfaatkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja lewat platform digital Tokopedia.

“Semoga program loyalitas konsumen ini juga semakin menggerakkan pertumbuhan jutaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah bergabung sebagai merchant Tokopedia,” singkatnya.

Selain pengumpulan poin yang dapat ditukarkan dengan kupon reward, TokoPoints juga memberikan status membership loyalty yang memungkinkan Toppers untuk meraih keuntungan berbeda di tiap tingkatnya. Status ini ditentukan dari jumlah loyalty yang dikumpulkan. Ada empat tingkatan membership loyalty bagi Toppers, yakni Classic, Silver, Gold, dan Platinum.

Aldo mengatakan, sistem ini sengaja diberlakukan untuk menjadikan pengumpulan poin dan loyalty menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan untuk konsumen. “Justru itulah letak fun-nya. Namun tentu, semakin banyak transaksi yang dilakukan dan semakin tinggi membership loyalty, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak poin,” kata Aldo.

Setiap konsumen dengan akun yang telah terverifikasi akan terdaftar secara otomatis menjadi akun TokoPoints. Dengan ini, tidak perlu melakukan aktivasi kembali ke akun TokoPoints. Seluruh konsumen yang baru pertama kali berbelanja di Tokopedia juga secara langsung akan mendapatkan kupon gratis ongkos kirim senilai Rp 20.000.

“Ke depan, kami akan terus mengembangkan program TokoPoints untuk memberikan layanan yang terbaik bagi para Toppers. Untuk itu, kami terbuka terhadap pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan Tokopedia dalam menghadirkan berbagai macam reward untuk Toppers,” ujar Aldo.

Sebelumnya beberapa waktu lalu Mastercard merilis studi terkait dengan efektivitas program loyalitas pelanggan. Dalam studinya, Mastercard menemukan bahwa di  emerging market seperti China, Indonesia, dan India, konsumen memiliki ketertarikan terhadap program loyalitas pelanggan seperti ini. Sebaliknya di negara yang sudah mapan, seperti Australia, Hong Kong, Korea Selatan, dan Jepang lebih menunjukkan ketidaktertarikan, yang mana lanskap program loyalitas konsumen sudah berjalan dengan baik dan sangat kompetitif.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top