Consumer Goods

Tokopedia Masih Kuasai Kompetisi di Industri e-Commerce

Industri e-commerce di Indonesia semakin panas kompetisinya. Baik dalam bentuk jumlah pemain, produk, sokongan dana, hingga kampanye yang disuguhkan. Riset iPrice Group bersama App Annie dan Similar Web menghadirkan data terkait penggunaan aplikasi e-commerce pada perangkat mobile dan kunjungan konsumen ke masing-masing website e-commerce.

Berdasarkan riset tersebut, rataan kunjungan pada situs Tokopedia dan Bukalapak merupakan yang terbesar di Indonesia. Tokopedia berada di peringkat pertama dengan jumlah pengunjung bulanan website terbanyak dengan rataan 137.200.900 kunjungan per bulan. Tokopedia konsisten menempati posisi teratas untuk jumlah rata-rata pengunjung bulanan terbanyak sejak periode Q2 2018. Pada periode itu, ada 111.484.100 kunjungan per bulannya yang berlabuh ke situs desktop Tokopedia.

Perusahaan e-commerce lokal lain yang juga mendapat jumlah kunjungan terbesar adalah Bukalapak. Rataan jumlah kunjungan website Bukalapak pada Q1 2019 ini mencapai angka 115.256.600 per bulannya. Seperti Tokopedia, Bukalapak juga berada di posisi teratas, tepatnya posisi dua sejak Q2 2018.

Kedua perusahaan lokal yang sama-sama berlabel unicorn itu juga menembus limabesar kunjungan web e-commerce terbanyak di regional Asia Tenggara. Jumlah pengunjung web Tokopedia dan Bukalapak bergandeng dengan dua pemain regional, Shopee dan Lazada. Serta satu pemain lokal lain asal Vietnam, Tiki sepanjang Q4 2018 hingga Q1 2019 ini.

Tidak hanya di versi kunjungan website, Tokopedia dan Bukalapak juga membukukan persentase yang tinggi di kalangan pengguna aktif bulanan terbanyak aplikasi mobile. Tokopedia menempati posisi pertama sebagai aplikasi dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di platform ponsel Android dan iOs.

Sedangkan Bukalapak berada di peringkat ketiga sebagai aplikasi dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di platform ponsel Android dan iOs. Selain Tokopedia dan Bukalapak, aplikasi e-commerce yang punya persentase pengguna aktif bulanan tertinggi yakni Shopee dan Lazada .

Selain dua nama lokal tersebut, ada juga pemain regional, Shopee yang mempunya margin peningkatan kunjungan web terbesar di antara semua pemain e-commerce. Jumlah kunjungan web Shopee di Indonesia meningkat hingga +117% bila dibandingkan jumlah kunjungan pada Q1 2018. Shopee mencatatkan rataan 74.995.300 kunjungan bulanan di webnya sepanjang Q1 2019. Pada Q1 2018, Shopee baru mampu mendatangkan sekitar 34.510.800 pengunjung ke situs versi Indonesia. Peningkatan rataan pengunjung web itu juga mengatrol posisi Shopee dari tahun ke tahun, yakni dari posisi delapan pada Q1 2017 menjadi posisi tiga.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top