Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Tokopedia Kini Sediakan Laman Khusus UMKM Asal Jakarta

Tokopedia bantu UMKM Jakarta
123rf.com

Setelah bekerjasama dengan Kota Bandung dan Kota Semarang, kini Tokopedia bersama Pemprov DKI Jakarta meluncurkan halaman khusus bagi UMKM asal DKI Jakarta yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebutkan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi hingga 58% terhadap GDP Indonesia. Namun, kebanyakan masih menggunakan cara yang konvensional. Padahal, baginya saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia yang menjadi pasar sangat menjanjikan menurutnya.

“Dan yang dibutuhkan UMKM yang belum goes online ini bukan sekadar akses ke pasar. Hal yang tidak kalah penting adalah pelatihan sehingga produk memiliki daya saing, akses ke infrastruktur dan tidak jarang akses ke permodalan. Kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta inilah yang akan menjadi solusi hulu ke hilir. Tokopedia sendiri sudah beberapa kali melakukan pelatihan terhadap UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta,” tambah William.

William optimistis terhadap kerja sama ini. Beberapa data bahwa kerjasama ini telah menarik minat banyak pelaku UMKM di Jakarta. Pada April 2017 kemarin, UMKM asal DKI Jakarta di Tokopedia telah berhasil menjual sebanyak 9,793,671 produk ke seluruh Indonesia.

“Angka ini meningkat dibandingkan data lima tahun lalu. UMKM asal DKI Jakarta hanya berhasil menjual sebanyak 53,589 produk sepanjang April 2012. Artinya, tercatat peningkatan sebanyak 183 kali lipat dalam kurun waktu lima tahun dari segi produktivitas para UMKM asal DKI Jakarta di Tokopedia,” terang William.

Laman Kota sendiri merupakan sebuah inisiatif yang dilakukan oleh Tokopedia dengan pemerintah kota setempat dalam menunjang ekonomi inklusif, sesuai dengan program Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan misi Presiden Jokowi dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan target potensi pasar sebesar 130 Miliar USD.

Dalam acara peresmian Laman Kota Jakarta, William menegaskan bahwa kerja sama ini hanyalah permulaan dari masa depan open government yang transparan, cashless society yang penuh kemudahaan, serta smart city yang berbasis big data.

“Tokopedia mendukung prinsip open government yang digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta lewat Jakarta Smart City. Lewat big data yang dimiliki oleh Tokopedia, pemprov bisa menganalisa produk-produk asal Jakarta apa yang diminati dari seluruh Indonesia, demikian juga apa yang diminati oleh masyarakat Jakarta. Hal ini bisa membantu pengambilan keputusan, misalnya untuk mendorong sektor-sektor industri kecil menengah yang bisa mengurangi ketergantungan DKI Jakarta terhadap produk impor atau inisiatif lainnya yang mendukung perkembangan UMKM, sekaligus mendorong ekonomi inklusif,” tutupnya.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top