Consumer Goods

Tokopedia Sukses Gelar MAKERFEST di Delapan Kota di Indonesia

Tokopedia sukses menyelenggarakan ajang MAKERFEST Indonesia dengan mengunjungi delapan kota. Ajang ini merupakan wadah yang diinisiasi oleh Tokopedia bekerja sama dengan BEKRAF, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Gerakan ini menandai komitmen kami agar semakin banyak lahir brand-brand masa depan Indonesia, kata CEO Tokopedia sekaligus Chairman of MAKERFEST 2018 William Tanuwijaya.

Sebelum ditutup di Jakarta pada akhir pekan lalu, MAKERFEST telah melangsungkan roadshow di delapan kota, yakni Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung, dan Denpasar. Di delapan kota tersebut, MAKERFEST menyaring setidaknya 1.500 pendaftar menjadi 30 besar di setiap kota.

Melalui pelatihan bisnis, proses wawancara dengan para pemilik bisnis, dan penilaian dari pengunjung, MAKERFEST mendapatkan tiga besar finalis dari setiap kota. Sejak awal Desember, 24 finalis terpilih dari seluruh Indonesia didatangkan ke Jakarta untuk mendapatkan sesi pendalaman bisnis dari Excellence Asia sebagai lembaga konsultan bisnis independen.

Selain itu, para finalis terpilih mendapatkan berbagai sesi mentoring oleh beberapa makers inspirasional, seperti Singgih Susilo (Magno Kayu), Handoko Hendroyono (Filosofi Kopi), Nina Nikicio (Nikico). Sebagai tahap akhir, lima finalis terpilih melakukan presentasi di hadapan panelis juri, yaitu William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Gati Wibawaningsih (Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Kemenperin), Andi F. Noya (wartawan senior), Arto Soebiantoro, Yoris Sebastian, dan Ben Soebiakto (Praktisi Brand & Marketing).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa ekonomi digital memberikan ruang luas bagi anak muda Indonesia untuk berinovasi menciptakan peluang bisnis. Untuk itu, pemerintah, pemain bisnis, dan pelaku kunci lainnya dalam ekosistem kewirausahaan harus bersinergi dalam memberdayakan kreator lokal yang unggul dan berdaya saing tinggi. Bagi Rudiantara para pelaku usaha ini yang nantinya akan menjadi penggerak ekonomi digital Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Dalam puncak acara MAKERFEST, Tokopedia bersama beberapa Kementerian terkait melakukan deklarasi ‘Bangga Kreasi Lokal’ bersama. Selain mendeklarasikan Gerakan Bangga Kreasi Lokal, MAKERFEST juga mengumumkan juara kompetisi bisnis, dimana pemenang utama mendapatkan dukungan modal bisnis sebesar Rp 1 miliar rupiah, dan juara kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan Rp 300 juta dan Rp 200 juta. Juara satu, dua, dan tiga masing-masing diraih oleh OMO!

Healthy Snack dari Yogyakarta, Kandura dari Jakarta, dan The Able Art dari Surabaya. Ketiga pemenang juga akan mendapatkan alat pemasaran terintegrasi, salah satunya adalah kesempatan mendapatkan panggung online maupun offline melalui pameran kreasi lokal berskala nasional hingga internasional.

“Selaras dengan kampanye kami tahun ini #MulaiAjaDulu dan Makerfest, maka Tokopedia akan mulai memberlakukan ‘Jumat Lokal Bareng’ di mana Tokopedia akan melakukan gerakan menggunakan kreasi lokal ke kantor setiap hari Jumat,” imbuh William.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top