Mshop-leaderboard-mobile
Automotive

Inilah Produk Baru Hasil Kolaborasi Toyota-Daihatsu

Inilah Produk Baru Hasil Kolaborasi Toyota Daihatsu Toyota-Calya-Daihatsu-Sigra
Kredit Foto: Marketeers (Hafiz)

Langkah kolaboratif antara Toyota dan Daihatsu kembali melahirkan sebuah inovasi. Setelah Avanza – Xenia, Rush – Terios, Agya – Ayla, kini keduanya memperkenalkan LCGC teranyar mereka, yaitu Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Dinilai langkah strategis ini untuk mendukung pemerintah dalam mendorong perindustrian otomotif di Indonesia yang menjadi satu dari sepuluh industri prioritas pemerintah.

Pada acara perkenalan kolaborasi yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang baru saja didapuk oleh presiden, yakni Airlangga Hartarto, baik Toyota maupun Daihatsu optismistis produk ini akan mendapatkan respons positif layaknya saudara terdahulu mereka.

Menengok sejarah, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) telah melakukan kerjasama sejak tahun 1967. Khusus di Indonesia, kerjasama keduanya di-kick-off pertama kali pada tahun 2003 dengan Avanza-Xenia.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Group telah berinvestasi lebih dari Rp 49 triliun bagi pengembangan industri otomotif nasional. Hal ini tercermin dari peningkatan volume pasar otomotif domestik hampir dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir (2005- 2010), dengan rata-rata pertumbuhan 11,4%.

Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi bagi Toyota Group menjadikannya sebagai penyumbang ekspor terbesar dengan pangsa pasar sekitar 89% dari total volume ekspor nasional selama semester I tahun 2016.

“Untuk melahirkan kedua produk ini, kami telah menanamkan modal sekitar Rp 1,1 triliun.¬† Angka ini belum termasuk anggaran penjualan dan layanan purna jual dari produk ini,” jelas Sudirman MR, Presiden Direktur ADM saat memperkenalkan kedua mobil tersebut di pabrik perakitan kendaraan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Assembly Plant, Jawa Barat, Selasa (02/08/2016).

Di pabrik berkapasitas produksi 200 ribu unit ini, Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya telah memiliki kandungan komponen lokal sebanyak 94%. Keduanya sudah siap dipesan, namun PT Toyota Astra Motor dan ADM menyarankan pemesanan dilakukan saat gelaran GIIAS 2016 yang akan dibuka 11 Agustus mendatang sekaligus kedua produk ini resmi diluncurkan ke publik.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top