Finance

Sudah Sadarkah Perbankan Indonesia Akan Transformasi Digital?

Berdasarkan riset yang dirilis oleh PwC Indonesia terkait dengan disrupsi digital di industri perbankan ditemukan temuan bahwa banyak pelaku perbankan di Indonesia saat ini sedang dan telah menggodok strategi perusahaan mereka untuk berkembang menjadi digital banking.

Menurut Chairil Tarunajaya, Technology and Risk Consulting Leader PwC Indonesia, riset tersebut merangkum beberapa hal seperti penerimaan strategi digital sebagai strategi usaha, tujuan utama strategi digital, kontribusi teknologi digital perbankan pada pendapatan usaha, dan mobile banking sebagai komponen terdepan dalam strategi digital.

Dalam riset ini ditemukan bahwa sebagian besar bank di Indonesia, mulai dari Bank Pembangunan Daerah (BPD), bank-bank joint venture, bank-bank lokal, bank-bank BUMN, dan bank-bank syariah telah mengikut sertakan sejumlah inisiatif digital sebagai bagian dari strategi perusahaan mereka, di mana sekitar 66% responden survei mengindikasikan demikian.

Hanya 12% responden yang mengindikasikan bahwa mereka menciptakan strategi digital sebagai bagian dari strategi Teknologi Informasi (Information Technology/IT) mereka, diikuti dengan 16% responden yang telah menyertakan strategi digital sebagai bagian dari strategi produk atau nasabah mereka.

Dari survei ini juga bisa dilihat bahwa hanya 4% dari responden yang mengindikasikan bahwa mereka telah memiliki dokumen strategi digital terpisah yang berdiri sendiri. Respons ini menunjukkan penerimaan strategi digital sebagai strategi usaha dan bukan semata-mata inisiatif IT.

“Kami melihat perbedaan yang besar antara bagaimana bank-bank besar dan bank-bank BUMN memandang strategi digital dibandingkan dengan bank-bank lainnya,” ujar Chairil.

Menurut survei PwC, hanya 38% bank-bank BUMN dan 44% dari bank-bank Buku 4 telah memasukkan strategi digital sebagai bagian dari strategi perusahaannya. Hal ini mungkin merupakan indikasi bahwa bank-bank besar telah memulai perjalanan menuju transformasi digital.

Bagi Chairil masih ada tantangan-tantangan dalam mengembangkan pandangan yang sama tentang strategi digital di bank-bank ini. Beberapa di antaranya adalah masalah sumber daya, ancaman keamanan, dan kehadiran perusahaan non perbankan yang mulai memanaskan kompetisi.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top