Lifestyle

Tujuh Fakta Menarik Danau Toba yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

indonesia.travel

Danau Toba tengah mencuri perhatian wisatawan, baik nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman). Pasalnya, daerah yang tengah gencar dipromosikan oleh pemerintah ini memang menarik dengan sejarah yang panjang nan eksotis. Sangat disayangkan jika kamu sebagai anak bangsa belum mengetahui fakta-fakta menarik mengenai danau yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di wilayah Asia Tenggara ini.

Beriku tujuh fakta menarik mengenai Danau Toba yang Marketeers rangkum dari beberapa sumber

1. Danau kaldera terbesar di dunia

Danau alami ini terbentuk akibat letusan gunung berapi super (super volcano) -Gunung Toba sekitar 77.000 tahun lalu. Gunung kaldera ini adalah yang terbesar di dunia dengan panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, tinggi 904 meter dpl, dan kedalaman 505 meter.

2. Keberadaannya mengubah populasi dunia

Letusan besar dari Gunung Toba bukan hanya membentuk danau yang indah. Letusan tersebut diyakini telah menyebabkan musim dingin secara global, yang menyebabkan sebagian besar manusia yang hidup pada waktu itu meninggal. Kejadian ini menciptakan hambatan populasi di Afrika Timur, Afrika Tengah, dan India, serta telah mempengaruhi keragaman genetik manusia di Bumi saat ini.

3. Terbentuk dari tiga letusan besar

Bukan hanya besar, Danau Toba terbentuk dari tiga letusan besar Gunung Toba. Letusan pertama menghasilkan kaldera di sisi selatan, letusan kedua membentuk kaldera di sisi utara, dan letusan ketiga yang terbesar mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba.

4. Terdapat lima pulau vulkanik di dalam danau

Pulau Samosir, Pulau Sibandang, Pulau Tao, Pulau Tolping, dan Pulau Tulas adalah lima pulau vulkanik di dalam danau.

5. Ada danau di tengah danau

Menariknya lagi, di Pulau Samosir yang terletak di tengah danau Toba memiliki dua danau indah, yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

6. Habitat Ikan Batak

Danau Toba menjadi habitat ikan khas daerah Batak, yaitu ikan batak (Neolissochillus thienemanni). Ikan ini memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi. Namun sayang, populasinya ikan ini semakin terancam kepunahan.

7. Terdapat puluhan air terjun

Selain memang Sumatera Utara terkenal dengan sebutan Negeri Sejuta Air Terjun, Danau Toba menjadi salah satu penyumbang. Di sekitar danau, terdapat puluhan air terjun, seperti Sipiso-piso, Gibeon, Sigura-gura, Lae Pandaroh, dan yang lainnya.

Menarik ya. Jadi, kapan kamu akan di Danau Toba?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top