Grapeshot Leaderboard
Career

Tujuh Tanda Bos Kamu Punya Perhatian Lebih

Photo Credits: http://gosvopros.ru

Ada begitu banyak cara dalam mengekspresikan perhatian. Tidak selalu dengan kalimat manis atau ajakan makan bersama. Sejumlah orang kerap kesulitan mengekspresikan bentuk perhatian mereka. Tak jarang, hal ini terjadi dalam hubungan atasan-bawahan di dalam pekerjaan. Padahal jika kamu memahami, ada makna perhatian di balik beberapa tindakan yang dilakukan atasan. Seperti apa?

Memberi Tumpukan Tugas

Photo Credits: memegenerator.net

Jangan selalu berprasangka buruk ketika bos kamu memberikan deretan tugas untuk diselesaikan. CEO Bates Communications Suzanne Bates dalam Business Insider mengatakan memang tidak mudah mengetahui apakah atasan menyukai kamu atau tidak. Namun yang pasti, cara ini mencerminkan pandangan atasan yang melihat kamu sebagai orang yang menjanjikan, mampu mengatasi masalah, dan bertanggung jawab. Jadi, jangan negative thinking dulu. Tidak semua atasan menyampaikan rasa sayang mereka dengan cara romantis.

Meminta Masukan Kamu

Photo Credits: mensxp.com

Jika atasan kamu kerap mengajak berdiskusi, merespons baik apa yang kamu katakan, dan meminta masukanmu dalam mengambil keputusan, hal ini berarti pertanda baik. Jangan merasa canggung. Seperti judul buku karangan Bruce Tulga, It’s Okay to Manage Your Boss, coba untuk lebih santai dalam mengutarakan idemu kepada atasan.

Tidak Selalu Pujian

Sebagian dari kita mungkin kerap berpikir atasan akan selalu menyirami karyawan yang mereka hargai dengan berbagai pujian, namun Bates mengatakan hal ini tidak selalu terjadi. Sebagian dari mereka dikatakan Bates mungkin mengiran kamu sudah tahu bahwa reputasimu bagus. Namun, sebagian dari atasan mungkin merasa tidak ingin disukai kamu atau mereka telah melupakan kebaikan yang kamu lakukan lantaran kamu telah melakukan begitu banyak hal dengan baik.

Photo Credits: Quickmeme

Dalam situasi ini, kamu harus memahami dengan baik feedback yang diberikan atasan. Cara yang paling mudah adalah dengan mengukur sendiri kinerja yang kamu berikan dalam menyelesaikan pekerjaan. Apakah sudah sesuai dengan goals yang mereka harapkan? Kamu harus mengingat bahwa kepuasan atasan tidak selalu berujung pada pujian.

Memberi Lebih Banyak Tanggung Jawab

Photo Credits: pinimg.com

Bergembiralah ketika atasan kamu memberikan kepercayaan kepada kamu atas proyek penting atau tanggung jawab atas rekan kerja kamu. Mungkin bukan lencana bintang emas yang kamu dapatkan, namun hal ini mencerminkan kompetensi besar yang mereka lihat ada dalam dirimu.

Atasan Tunduk dengan Kamu

Photo Credits: www.irishtimes.com

Jika atasan kamu menyuruh orang lain atau meminta secara langsung untuk menyampaikan kepada kamu panduan atau instruksi kerja yang bagus, ini pertanda baik buat kamu. Hal ini berarti atasan kamu percaya dan tunduk atas cara kerja yang kamu pilih untuk mencapai goals perusahaan.

Check In dengan Kamu

Photo Credits: pilbox.themuse.com

Ketika atasan menyukai kamu, maka akan semakin kuat upaya mereka untuk menahan langkah kamu pergi. Mereka akan aktif menyelidiki (check in) apa yang kamu sukai, apa yang akan kamu lakukan dalam kariermu, dan berujung mencari cara untuk mempertahankan kamu ada di perusahaan itu.

Meminta Kamu Mengajar

Jika atasan kamu terlihat terus menerus meminta kamu untuk menunjukkan kepada atasan di kantor bagaimana proyek yang kalian kerjakan berhasil, dan meminta kamu untuk mengajarkan rekan kerjamu yang lain, jangan berprasangka buruk dulu. Ini berarti atasan kamu terkesan dengan kemampuan yang kamu miliki. Mereka ingin agar atasan di perusahaan mengenal dan mengetahui kelebihanmu.

Photo Credits: http://cache.boston.com

Lebih dari itu, mereka pun percaya kamu dapat menyebarkan nilai yang sama kepada rekan kerja lain. Jadi, jangan kecewa lantaran pekerjaan ekstra yang kamu dapatkan, namun gunakan kesempatan ini untuk mengasah kapabilitas kamu dalam hal leadership.

Nah, itulah tujuh indikasi yang menandakan bos kamu punya perhatian lebih. Jadi, jangan negative thinking dulu. Mulailah untuk melihat performa kinerjamu sendiri dan mulai membaca tindakan yang dilakukan bos kamu.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top