Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

Ulasan Konsumen Jadi Dasar Traveloka Apresiasi Insan Perhotelan

Ulasan Konsumen Jadi Dasar Traveloka Apresiasi Insan Perhotelan Photo-3

Traveloka menyelenggarakan Traveloka Hotel Awards 2017 untuk yang pertama kali. Penghargaan untuk para pelaku industri perhotelan ini diadakan di lima kota, yaitu Bali, Surabaya, Yogya, Bandung, dan Jakarta selama periode Maret dan April

Penghargaan ini merupakan ajang penghargaan yang dinilai langsung oleh pelanggan Traveloka melalui ulasan tamu di layanan Traveloka. Selama Januari – Desember 2016, Traveloka menerima jutaan ulasan tamu hotel yang kemudian menjadi dasar penentuan hotel-hotel terbaik. Tahun ini, sebanyak 240 hotel di Indonesia menerima Traveloka Hotel Awards 2017.

Dalam penghargaan ini, hotel-hotel terbagi menjadi tiga kategori, prestige, premium, dan value. Beragam unsur penilaian terdiri dari kebersihan, makanan, dan layanan.

“Kami sengaja tidak memakai sistem bintang seperti yang biasa ada di industri perhotelan, karena berhubungan dengan mitra hotel di kami yang tidak semua adalah hotel berbintang. Hotel di Traveloka amat bervariasi, ada yang sekadar homestay dan hotel berbintang,” ujar Country Market Manager Traveloka John Safenson di Jakarta, Kamis (7/4/2017).

John juga menegaskan bahwa penilaian dalam penghargaan ini adalah murni berdasarkan ulasan konsumen selama bermalam di hotel tersebut, tidak ada intervensi dari pihak Traveloka dalam menentukan pemenang. Baginya ulasan yang diunggah oleh konsumen menentukan pengalaman dan keputusan dari tamu berikutnya.

“Konsumen itu sebenarnya melihat pada ulasan konsumen lainnya sebelum pemesanan hotel. Ini bermanfaat bagi reputasi hotel tersebut. Ulasan yang positif akan meningkatkan loyalitas konsumen,” cetus John

Dalam penghargaan tersebut untuk regional Jakarta, kategori prestige dimenangkan oleh Hotel Borobudur untuk makanan, Manhattan Hotel untuk kebersihan, Gran Melia untuk layanan, dan The Grove Suites Jakarta untuk pemenang secara keseluruhan penilaian.

Untuk kategori premium secara keseluruhan dimenangkan oleh Morrissey Hotel, Aston Priority Simatupang Hotel, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk. Untuk kategori value diraih oleh Siti Hotel by Horison Tangerang, Favehotel Pasar Baru Jakarta, dan Zuri Express Hotel Mangga Dua Jakarta.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top