SMEMBA 2018 Leaderboard
Lifestyle

Unik, Ini Lima Cafe di Jogja yang Merangkap Perpustakaan

Ilustrasi: 123rf

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta seakan tak kehabisan akal untuk terus berinovasi dalam menarik pengunjung. Selalu ada tempat-tempat baru bermunculan dengan menawarkan konsep-konsep yang menarik.

Salah satu konsep yang menarik hadir dalam bentuk perkawinan antara cafe dengan perpustakaan. Jadi bukan hanya perut yang diisi, otak pun turut mendapat asupan. Berikut ini rekomendasi cafe buku di Jogja dari para foodies di Traveloka Eats yang bisa kamu kunjungi.

1.   Blanco Coffee and Books

Blanco Coffee and Books menyajikan salah satu kopi terbaik di kota pelajar dengan ditemani berbagai koleksi buku yang menarik. Buku-buku yang disediakan pun banyak yang berbahasa Inggris, sehingga cocok bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing kamu.

Selain buku, cafe ini juga menyediakan akses WiFi berkecepatan tinggi sehingga cafe ini sering dipenuhi mahasiswa dan karyawan yang sedang menyelesaikan tugas di tengah atmosfer kafe yang nyaman ini. Blanco Coffee and Books terletak di Jalan Kranggan sehingga mudah untuk ditemukan.

2.   Dongeng Kopi and Indiebook

Dongeng Kopi and Indiebook adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Berada di bangunan dua lantai dengan Dongeng Kopi menempati lantai pertama dan Indiebook menempati lantai kedua, keduanya melebur menjadi perpaduan yang unik dan kaya.

Di Dongeng Kopi kamu dapat menikmati kopi-kopi lokal dengan cita rasa dunia sembari membaca buku-buku terbitan Indiebook yang tersedia gratis. Pada jam tertentu, bahkan kamu dapat meracik kopi kamu sendiri dengan bantuan para baristanya yang andal dan ramah. Dongen Kopi and Indiebook terletak di Jalan Wahid Hasyim, Sleman, Jogjakarta.

3.   Lir Shop

Lir Shop adalah sebuah art space yang terletak di Jalan Anggrek. Selain sebagai art space, Lir Shop juga merangkap sebagai cafe dan toko buku. Letaknya yang tersembunyi membuat Lir Shop adalah tempat sempurna untuk kabur dari kenyataan untuk sementara bersama secangkir kopi di tangan kanan dan segenggam buku di tangan kiri.

Di sini, kamu dapat juga berdiskusi bersama teman-teman. Koleksi bukunya pun cukup lengkap dengan total 2.500 buku yang meliputi berbagai genre seperti psikologi, filosofi, sastra, fiksi, bahkan komik.

4.   Luk Coffee and Books

Luk Coffee and Books adalah kafe yang terletak di Jalan Tantular. Sesuai dengan namanya, kafe yang juga menyediakan aneka makanan ringan ini menyediakan buku-buku yang dapat dibaca secara gratis.

Koleksi bukunya pun terbilang cukup lengkap seperti buku-buku bertemakan sastra, fiksi, politik, hingga agama. Letaknya yang cukup jauh dari jalan protokol pun menjaga kafe ini dari suara bising kendaraan bermotor sehingga kamu dapat lebih menikmati waktu kamu selama berkunjung.

5.   Break Resto and Coffee

Break Resto and Coffee adalah salah satu restoran dengan gaya arsitektur yang menarik. Tampak depan restoran ini terasa seperti rumah zaman pada era penjajahan Belanda yang disulap menjadi sebuah kafe yang homey. Meskipun berupa restoran, Break Resto and Coffee memiliki interior yang cozy sehingga dapat pula dikatakan sebagai kafe.

Selain menyediakan buku-buku dengan berbagai genre, Break Resto and Coffee juga menyediakan akses wifi sehingga dapat pula digunakan sebagai tempat belajar atau mengerjakan tugas kuliah. Break Resto and Coffee terletak di kawasan yang cukup elit yaitu di Ruko Casa Grande, Jalan Ring Road Utara, Sleman. Meskipun berada di kawasan elit, harga yang ditawarkan pun masih ramah dengan kantong mahasiswa.

Itulah lima kafe di Jogja yang berkonsep perpustakaan. Selamat mencoba!

MARKETEERS X








To Top