Mshop-leaderboard-mobile
Retail & Property

Uniqlo Segera Jual Pakaian Lewat Vending Machine

Uniqlo
Kredit foto: Uniqlo

Keberadaan vending machine biasanya diperuntukan bagi produk seperti minuman sampai gift seperti boneka. Namun sekarang pemain ritel fesyen seperti Uniqlo tampak ingin mencoba peruntungannya dengan menjual pakaian lewat mesin tersebut, sebagai opsi lain bagi konsumen yang terbiasa datang ke toko.

Seperti dikutip dari Wall Street Journal, brand fashion asal Jepang yang punya ciri khas lewat koleksi pakaian simpel tersebut berencana membuka sepuluh vending machine di AS dalam dua bulan ke depan. Salah satu lokasi sasaran mereka adalah tempat strategis seperti mall sampai bandara dengan tinggi mesin sekitar enam kaki atau sekitar 1,8 meter.

Kota-kota besar tersebut mencakup wilayah strategis seperti New York, Oakland, sampai Houston. Memang tidak semua jenis pakaian akan dijual di sana. Hanya akan ada dua jenis item, kaos dan jaket yang khusus memiliki bahan ringan. Packaging-nya akan ditempatkan dalam boks maupun kemasan dalam bentuk kaleng. Jika ternyata yang mereka beli dari vending tidak sesuai yang diinginkan, item terbeli bisa dikembalikan lagi via pos.

Strategi lewat vending machine ini dimulai setelah dua tahun rencana ekspansi di AS dinilai kurang berhasil. Walau menargetkan wilayah sub urban, nyatanya Uniqlo tidak populer di sana. Mereka masih sangat populer di kota-kota besar. Bahkan Uniqlo justru semakin meraup ketenaran di luar AS, termasuk di Indonesia.

Saat ini ada 45 gerai ritel Uniqlo seluruh AS dengan target pada awalnya bisa menembus angka 200 pada 2020. Namun kini mereka fokus di gerai-gerai flagship di kawasan urban selain mencoba peruntungannya lewat vending machine.

Menurut Chief Marketing Uniqlo AS, vending machine secara operasional jauh lebih murah dibanding membuka gerai konvensional. Mereka pun bisa menyasar segmen turis di kawasan bandara, di mana mereka biasanya menginginkan pakaian serba simpel dan tidak ribet.

Data sektor pariwisata pun mendukung strategi Uniqlo, di mana turis asing masuk AS akan bertambah sekitar 3,3% setiap tahunnya. Itu juga yang mendorong banyak peritel seperti Uniqlo membuka banyak gerai di bandara-bandara AS, termasuk lewat vending machine. Salah satunya Best Buy yang menyediakan headphone dan perangkat elektronik lainnya.

Most Popular








To Top