Technology

#UntukPerempuan, Shopee Masih yang Favorit di Segala Kategori

Sumber: Shopee

Perkembangan teknologi membuat e-commerce juga mengalami peningkatan, utamanya dalam jumlah pengguna platform belanja online. Dalam riset terakhir yang dilakukan MarkPlus, Inc., Shopee menempati peringkat teratas sebagai top e-commerce on mind. Hal tersebut tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, di sejumlah kategori barang yang dijual, Shopee juga telah memimpin terutama bagi pelanggan perempuan.

Shopee menjadi e-commerce favorit di kategori produk kecantikan, keperluan rumah tangga, dan fesyen. Sebanyak 57,2% responden memilih Shopee ketika berbelanja produk kecantikan. Dengan perbandingan persentase yang cukup jauh, Lazada dan Tokopedia menyusul di posisi kedua dan ketiga. Masing-masing mengantongi, 98% dan 8,2%.

Untuk keperluan rumah tangga, responden yang memilih berbelanja di Shopee tercatat mencapai 39,6%. Menempati peringkat kedua, Tokopedia dengan 20,7%, Lazada duduk di posisi ketiga dengan 11,3%, dan BukaLapak berada di tempat berikutnya mengantongi 9,3%. Terakhir, di kategori yang sama, JD.ID 7,9%.

Sedangkan untuk produk fesyen, Shopee kembali unggul dengan 50,2%. Zalora berada di peringkat kedua dengan 9,5% dan Lazada, peringkat ketiga dengan 8,8%. Keseluruhan data yang diperoleh tersebut merupakan hasil survei dari 1.200 responden dengan rentang usia 18-55 tahun yang diambil dari 17 provinsi di Indonesia.

Tingginya penggunaan Shopee dibandingkan e-commerce lainnya didorong beberapa faktor. Salah satunya adalah gratis ongkos kirim. Namun, faktor yang tak kalah mendukung penggunaan e-commerce sendiri adalah kemudahan yang ditawarkan. Pengguna dapat berbelanja tanpa pergi keluar atau mengunjungi toko secara langsung.

“Bisa dilakukan di mana saja dan hemat waktu. Hal ini tentu menarik, karena bukan faktor harga terjangkau yang menjadi pertimbangan utama belanja online. Tapi, ketika merekomendasikan brand, harga jadi salah satu faktor utama,” ujar Head of Communication, Hi-Tech, and Media Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top