Consumer Goods

Untung Besar Bisnis Herbal Martina Berto

Photo Credits: 123rf

Memayungi berbagai jenis portofolio bisnis, mulai dari personal care (kosmetik dan skincare) hingga sektor bisnis herbal selama puluhan tahun, Martina Berto telah melalui berbagai perubahan tren yang ada di tengah konsumer Indonesia. Menilik perubahan perilaku konsumer dalam beberapa waktu terakhir, Direktur PT Martina Berto, Tbk. Samuel Pranata mengatakan pergerakan daya beli konsumer pada produk herbal mulai meningkat. Hal ini dikatakan Samuel tak lepas dari tren hidup sehat yang mulai diganderungi masyarakat, terlebih milenial.

“Perubahan perilaku konsumer mulai mengarah pada health and wellness. Masyarakat mulai aware akan manfaat perilaku hidup sehat. Hal ini berdampak pada pertumbuhan positif lini bisnis herbal. Skincare, jamu, dan obat-obat tradisional yang kami produksi dengan bahan alami tumbuh dengan baik,” ungkap Samuel kepada Marketeers.

Menutup tahun 2018, Samuel mengatakan, Martina Berto mencatatkan pertumbuhan lini bisnis produk herbal sebesar 20%.

“Ini merupakan peluang baru karena konsumer saat ini mulai menghindari penggunaan produk chemical yang cukup tinggi dan berbau paraben sehingga dapat merusak kesehatan mereka,” terang Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengatkan, daya beli saat ini datang dari middle market. Pasalnya, konsumer dari kelas ini merasa penghasilan mereka mulai naik sehingga berdampak pada perubahan gaya hidup mereka.

Memanfaatkan momentum ini, Martina Berto memperbesar jaring ekspansi mereka dengan berkolaborasi bersama salah satu perusahaan kimia terbesar, Clariant. Bersama salah satu raw material supplier terbesar di dunia ini, Martina Berto memperbesar ekspansi bahan-bahan herbal asal Indonesia ke seluruh dunia.

“Sistemnya, kami menggandeng mereka untuk bersama-sama mengembangkan raw material produk herbal yang ada di Indonesia. Dari puluhan ribu spesies tanaman yang ada di Indonesia, kami baru mengembangkan 1%-2% tanaman obat dan kosmetik di Cikarang. Ini berarti masih ada peluang yang begitu besar bagi kami untuk mengolah tanaman-tanaman obat lain asal Indonesia,” ujar Samuel.

Dengan terus berinovasi, Martina Berto berupaya menjawab kebutuhan pasar wellness yang terus meningkat di berbagai penjuru dunia. Termasuk, mengeksplorasi bahan-bahan herbal asal Indonesia yang belum mereka jamah.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top