Lifestyle & Entertainment

Value For Money, Alasan Wisman Kunjungi Indonesia

Bisnis pariwisata semakin menggeliat. Khususnya setelah tren mengunggah foto wisata di media sosial. Kebiasaan di media sosial ini juga menumbuhkan beberapa destinasi-destinasi pariwisata baru. Berdasarkan riset Twitter, kawasan Asia Pasifik memiliki daya tarik tinggi bagi wisatawan mancanegara (wisman), khususnya pengguna Twitter. Sebanyak lima dari sepuluh destinasi yang paling sering dikunjungi berada di kawasan ini.

Salah satu alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata utama di Asia adalah keberagaman warisan budaya dan tradisi unik yang dimiliki negara in. Sebanyak 53% pengguna Twitter yang pernah mengunjungi Indonesia menyatakan, value for money menjadi alasan kuat yang mempengaruhi keputusan mereka untuk memilih Indonesia. Banyak kota di Indonesia memanfaatkan karakteristik unik yang dapat menambah nilai dan berpotensi menjadi destinasi wisata besar berikutnya.

Sebagai negara dengan populasi terpadat ke-4 di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki warisan budaya yang tak tertandingi. Pulau-pulau dan lautan yang membentuk negara ini memiliki delapan situs warisan dunia UNESCO serta banyak atraksi budaya lainnya, menjadikannya tujuan yang sempurna bagi para wisatawan. Wisatawan yang mengunjungi Indonesia tertarik dengan tujuan yang kaya akan peninggalan sejarah dan warisan budaya, aman dan terjamin, serta bernilai tinggi.

“Pengguna Twitter selalu aktif dalam mencari destinasi wisata baru,” kata Martyn U’ren, Head of Research, Asia Pacific, Middle East & North Africa Twitter.

Di antara para wisatawan pengguna Twitter di Asia Pasifik, Indonesia menempati peringkat ke-10 sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Sementara, Thailand berada di peringkat paling atas, disusul Amerika Serikat, Cina, Jepang, Singapura, Australia, Hong Kong, Inggris, Malaysia, dan Indonesia berada dalam daftar sepuluh besar. Asia Pasifik juga merupakan tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan untuk bersantai dengan wisatawan dari Korea Selatan, Singapura, dan Australia yang paling sering berkunjung ke kawasan tersebut.

Lebih dari 53% wisatawan mencari tempat tujuan yang menawarkan value for moneyLebih dari 27% wisatawan mencari tempat tujuan dengan peninggalan sejarah dan warisan budaya. Lebih dari 19% wisatawan mencari pantai yang bagus.

Wilayah Indonesia memiliki potensi wisata sangat besar yang kini dapat diakses dengan mudah oleh wisatawan. Ada lima negara asal wisman pengguna Twitter yang berwisata ke Indonesia, yakni 60% wisman dari Singapura, 51% wisman dari Malaysia,  21% wisman dari Australia, 19%  wisman dari Jepang, dan 13% wisman dari Korea Selatan.

Sebuah potensi besar?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top