Technology

Variasi Iklan di Balik Pertumbuhan Bisnis Shopee

Photo Credits: YouTube

Salah satu tanda Indonesia menjadi pasar potensial bagi pemain e-commerce dapat terlihat dari kian banyak variasi iklan yang mengepung pasar Indonesia. Para pemain berlomba menyajikan iklan yang unik, bahkan terkesan nyentrik, dan mendobrak kebiasaan lama. Selain visualisasi, jingle juga menjadi pengaruh kuat untuk membuat iklan melekat pada ingatan konsumen. Shopee menjadi salah satu pemain yang terlihat cukup giat merilis variasi iklan. Lantas, seperti apa dampaknya?

Usai berhasil memviralkan iklan “Shopee: Sepedanya Mana” yang erat dengan sosok Presiden Joko Widodo, Shopee kembali berinovasi dan mendulang kesuksesan serupa seperti saat meraih kemenangan dalam kategori Iklan Paling Berkesan dalam Bright Awards Indonesia 2017.

“Selalu diperlukan inovasi. Membuat konten yang viral kami mulai dengan memastikan isi konten yang pasti diketahui semua orang, relatable, dan direct tanpa harus pikir panjang,” ungkap Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar kepada Marketeers.

Materi Baby Shark pun diyakini Shopee sebagai materi yang tepat untuk menyentuh seluruh pasar di Indonesia. Konten pemasaran Baby Shark pun dikemas dengan meng-highlight lirik lagu “di Shopee pi pi pi pi pi pi” sebagai ciri khas yang dapat dengan mudah diingat masyarakat.

Hal ini berbuah pada keberhasilan Shopee menjadi salah satu Top of Mind di mata konsumen e-Commerce. Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan MarkPlus, Inc. sepanjang Oktober 2018 kepada 1.200 responden di enam kota di Indonesia. Selain itu, materi iklan Shopee dipilih responden sebagai ide iklan online-offline paling kreatif di antara para pemain lain.

“Shopee dengan strategi marketing-nya, berhasil menyita perhatian masyarakat lewat kampanye Goyang Shopee. Jingle mereka  ikonik dan sukses menarik perhatian. Dari lima segmen usia dalam kategori ide iklan online offline paling kreatif, semuanya memilih Shopee. Baru setelah itu, ada Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia di berbagai rentang usia tersebut,” ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan kepada Marketeers.

Berbagai varian kampanye yang sukses melekat di benak konsumen berdasarkan survei ini adalah Goyang Shopee, Festival Belanja, hingga Badai Uang. Baru-baru ini, Shopee juga menggandeng girlband asal Korea Selatan Blackpink untuk menjadi brand ambassador mereka dalam sejumlah produk komersial Shopee. Tak tanggung-tanggung, Shopee merilis jingle dari lagu Blackpink untuk menggemakan merek mereka. Dalam waktu seminggu setelah diluncurkan, iklan ini telah ditonton lebih dari 11 juta kali di channel resmi Shopee Indonesia.

Apalagi kejutan Shopee untuk kampanye ke depan?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top