Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Klip Ditonton Terbanyak Youtube Bukan Lagi Charlie Puth, Tapi…

Despacito Youtube
Kredit foto: Billboard

Sekitar lima tahun lalu video klip dari penyanyi rap asal Korea Selatan PSY Gangnam Style menjadi yang pertama menembus satu miliar ditonton. Tahta itu bertahan sampai setidaknya bulan Juli lalu di mana soundtrack Furious 7 yang dibawakan Wiz Khalifa dan Charlie Puth bertajuk See You Again bercokol di puncak.

Tapi siapa sangka gelar itu hanya bertahan sekitar satu bulan saja. Video klip dari penyanyi Luis Fonsi dan Daddy Yankee bertajuk Despacito berhasil mencuri gelar ditonton terbanyak di Youtube. Dilansir Forbes dan juga Youtube, hingga tulisan ini dibuat angka view-nya sudah menembus 3,076 miliar.

Angka yang luar biasa dan pantas disebut fenomena karena si video baru di-upload awal tahun ini, tepatnya pada 12 Januari 2017 lalu. Artinya hanya dalam waktu kurang dalam delapan bulan Despacito berhasil menjadi video paling banyak ditonton. Padahal See You Again membutuhkan sekitar dua tahun untuk menuju ke sana.

“Pencapaian Luis luar biasa. Ini artinya Youtube telah menjadi platform dengan kekuatan besar sebagai media berekspresi dan berkarya bagi para musisi. Juga sebagai medium untuk terkoneksi dengan fans di seluruh dunia,” ujar Global Head of Music Youtube Lyor Cohen.

Walau di-remix oleh penyanyi sekelas Justin Bieber, tetap saja versi orisinillah yang menjadi fenomena. Daur ulang versi Bieber “hanya” menembus setengah miliar saja walau terus merajai tangga lagu Billboard Hot 100.

Luis sendiri sebenarnya berasal dari Puerto Rico, namun video Despacito ditonton sebanyak 385 juta kali di Meksiko. Selain itu Despacito berhasil diterima di telinga penduduk di berbagai belahan Bumi lain, semisal di Italia sudah ditonton sebanyak 146 juta kali. Di Indonesia angkanya sudah menembus 41 juta. Total Despacito menjadi video paling banyak ditonton di 40 negara.

Lalu apa arti dari Despacito? Salah satu media luar pernah menebak bahwa artinya deseperate atau putus asa. Nyatanya lain. Despacito punya arti “pelan-pelan”. Kata itulah yang muncul pertama kali di kepala Luis ketika mulai menulis lagu tersebut bersama koleganya Erika Ender.

Most Popular








To Top