Automotive

Volvo Luncurkan Bus Tanpa Supir di Singapura

Sumber: AFP

Produsen mobil asal Swedia Volvo bekerja sama dengan universitas di Singapura meluncurkan bus elektrik tanpa supir pada Selasa (05/03/2019) lalu. Bus ini akan segera melakukan uji coba di jalanan Kota Singapura dalam waktu dekat.

Dilansir dari AFP, Singapir telah menjadi tempat uji cova berbagai inovasi kendaraan tanpa supir. Sebelumnya, taksi tanpa supir sempat dioperasikan terbatas pada publik Singapura pada 2016 silam.

Volvo Singapura yang bekerja sama dengan Nanyang Technological University (NTU) mengatakan bahwa bus ini merupakan deskrpsi sebenarnya dari bus otonom. Dalam percobaannya, Bus dengan seri AB 7300 ini akan diuji coba untuk beroperasi di sekitar kawasan kampus sebelum dilepas di jalanan Kota Singapura.

“Diluncurkannya bus ini merupakan langkah penting menuju visi kami mengenai kota yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih pintar,” ujar Presiden Volvo Bus Hakan Agnevall.

Volvo AB 7300 memiliki panjang 12 meter dan dapat menampung hingga 80 orang penumpang. Bus ini menggunakan daya listrik dan diperkirakan lebih hemat 80% daripada penggunakan bahan bakar diesel. Volvo AB 7300 juga dilengkapi dengan sensor dan kontrol navigasi yang diatur oleh sistem artifisial intelegensi.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top