Government & Public Services

Wonderful Startup Academy Disambut Antusias Pelaku UKM

Wonderful Startup Academy Disambut Antusias Pelaku UKM 39951153_xl-1
123rf.com

International Council for Small Business (ICSB) Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menggelar  Wonderful Startup Academy (WSA) yang merupakan program pengembangan bisnis startup di bidang pariwisata.

WSA merupakan program yang memberikan berbagai hal yang dapat mendukung startup untuk lebih berkembang, seperti program mentoring dari para narasumber kompeten, fasilitas seperti co-working space, berbagai informasi tentang pariwisata dan juga akses untuk menjalin kerjasama dengan para investor dan pelaku bisnis di sektor pariwisata. Program ini akan berlangsung selama sembilan bulan, yaitu pada Januari hingga September 2017.

Kick-off Wonderful Startup Academy diselenggarakan  18 Januari 2017 di Galeri Indonesia WOW, SMESCO RumahKU di kawasan Jakarta Selatan. Kick-off ini merupakan kelanjutan dari soft launching Wonderful Startup Academy yang diselenggarakan dalam acara WOW Night 2016 sekaligus menandakan dimulainya program ini.

Wonderful Startup Academy selain bertujuan untuk memajukan pariwisata di Indonesia juga merupakan dukungan terhadap penerapan digital economy di Indonesia. Program ini juga didedikasikan untuk memajukan pariwisata dan UKM di Indonesia yang merupakan salah satu prioritas untuk mendatangkan sumber pendapatan bagi negara

Menurut Y.W Junardy, President Indonesia Global Compact Network dan juga anggota ICSB, para pelaku UKM merupakan tulang punggung dari perekonomian nasional. Oleh sebab itu, baginya para pelaku UKM ini wajib didukung dan dibina dengan program seperti Wonderful Startup Academy.

“Sekumpulan UKM ini bila berkumpulkan akan menjadi lebih besar dari pada perusahaan korporasi,” ujar Junardy.

WSA ini terbilang disambut antusias oleh para pelaku UKM. Terbukti, sejak dibuka registrasi, ada 180 UKM yang mendaftarkan diri. Sebagai seleksi awal, jumlah tersebut disaring menjadi 60 UKM yang diundang dalam pembukaan WSA tersebut. Nantinya, 60 Startup yang lulus seleksi awal akan disaring lagi menjadi 30 startup yang kemudian diseleksi menjadi sepuluh startup. Sepuluh startup yang terpilih kemudian akan disaring kembali menjadi lima startup yang nantinya akan mengikuti graduation dalam acara akbar The 3rd ASEAN Marketing Summit 2017 di Jakarta.

Wonderful Startup Academy akan menghadirkan berbagai pembicara expert di bidang pariwisata dan Usaha Kecil dan Menengah untuk memberikan pembekalan ilmu pengetahuan selam asembilan bulan ke depan seperti Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga, CEO Garuda Indonesia Arif Wibowo, CEO Blibli.com Kusumo Martanto, dan masih banyak lagi.

Program Wonderful Startup Academy juga mendapat dukungan dari MarkPlus, Inc., Indonesia Global Compact Network, Indonesia Marketing Association, Marketeers, SMESCO RumahKU, Yayasan ICSME, Galeri Indonesia WOW, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Indigo Creative Nation, dan Blibli.com.

Most Popular








To Top