10 Tahun Performa Traveloka: Dari Metasearch ke Lifestyle Superapp

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
23 Februari 2022
marketeers article
Tahun ini, platform lifestyle superapps Traveloka genap berusia 10 tahun. Hadir sejak 29 Februari 2021, Traveloka telah banyak mengalami transformasi, dari sekadar metasearch engine, lalu menjadi platform online travel agent pada tahun 2014. Dan, pada tahun 2018 memperluas pasarnya dengan menjadi platform gaya hidup hingga sekarang memiliki sekitar lebih dari 20 produk dan layanan. Pertumbuhan juga terjadi di performa Traveloka.
Di dalam acara perayaan 10 tahun Traveloka, Albert selaku Co-Founder Traveloka melaporkan bahwa aplikasinya ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dengan 40 juta pengguna aktif setiap bulan dari enam negara. Selain di Indonesia, performa Traveloka ditopang juga dengan operasional di Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina. Perjalanan ekspansi di wilayah ASEAN ini dilakukan perusahaan sejak tahun 2015.
“Inovasi menjadi kunci utama bagi kami sebagai perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen. Hingga kini, kami memperkuat positioning sebagai lifestyle superapp untuk wilayah Asia Tenggera,” ujar Albert pada perayaan 10 tahun Traveloka secara virtual, Rabu (23/02/2022).
Positioning sebagai lifestyle superapp dibangun oleh Traveloka sejak tahun 2018 ketika meluncurkan Traveloka Eats dan layanan PayLater. Berlanjut pada tahun 2019 meluncurkan Traveloka Xperience, dan Traveloka Protect. Pada tahun 2020 lahir Traveloka Eats Delivery. Dan, perusahaan meluncurkan Traveloka Campus pada tahun 2021.
Di bawah bendera produk perjalanan, kini hadir Holiday Stays dengan inventori private accommodation yang lengkap serta QuickRide yang memungkinkan konsumen untuk memesan taksi melalui aplikasi Traveloka. Sementara, fitur Traveloka Eats Delivery, Health, dan Online Xperience disematkan pada unit bisnis Local Services. Layanan Finansial juga semakin berkembang dengan adanya Traveloka Gold, Traveloka PayLater Virtual Number hingga produk asuransi dengan cakupan yang semakin luas.
Saat pandemi menghantam sektor perjalanan dan pariwisata, Traveloka turut menyesuaikan layanannya. Rangkaian inisiatif juga dilakukan untuk membantu penanganan pandemi di Tanah Air, seperti membentuk Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka di berbagai kota besar, Tes COVID-19, hingga fitur Traveloka Clean Partners.
“Untuk membantu mitra yang terdampak pandemi, lifestyle superapp ini juga menggelar program ikonik EPIC Sale yang sukses meningkatkan transaksi 81.000+ mitranya hingga lebih dari 150% di tengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada,” tutup Albert.

Related