Technology

Langkah Traveloka Hadapi Pandemi COVID-19

Photo Credits: 123rf

Bisnis perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup, Traveloka terkena imbas wabah COVID-19. Di tengah situasi yang tidak mudah ini, Traveloka memilih untuk mengedepankan kolaborasi dan menginisiasi sejumlah program.

Traveloka menggandeng beberapa mitra untuk berkontribusi dalam gerakan Indonesia PASTI BISA (yang diinisiasi oleh East Ventures). Perusahaan yang bergerak di Asia Tenggara itu turut mengaktifkan Program Traveloka Tanggap dan bekerja sama dengan Perusahaan Otobus (PO) Pahala Kencana, PT Amerta Indah Otsuka melalui produk SOYJOY, Kalbe Nutritionals melalui produk Milna dan Kalbe Consumer Health Fatigon, serta Rotary Club Bandar Lampung.

Deretan langkah tersebut diambil Traveloka sejak Februari 2020.Menurut Chief Marketing Officer Traveloka Dionisius Nathaniel, kolaborasi merupakan solusi di tengah kondisi ini.

“Kami melihat, saat ini dibutuhkan kerja sama kolaboratif yang dilakukan secara konsisten dan menyasar berbagai segmen untuk dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi situasi saat ini. Hal ini lah yang menjadi landasan kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dan melakukan inisiatif-inisiatif dengan target sasar yang beragam,” ujar Dionisius di Jakarta, Senin (27/04/2020).

Bersama sejumlah perusahaan lain, Traveloka berpartisipasi dalam penyaluran dana yang dihimpun oleh gerakan Indonesia PASTI BISA. Traveloka memberikan kontribusi sebesar Rp 200 juta untuk mendukung inisiatif menyediakan 100 ribu test kit secara gratis.

Sementara, bersama PO Pahala Kencana, Traveloka menyediakan hand sanitizer di pool bus Pahala Kencana di Jakarta, Bandung, Palembang, Malang, Kudus, serta Denpasar.

Bermitra dengan Kalbe Nutritionals melalui produk Milna Nature Delight, Traveloka mengajak para pengguna untuk melakukan penukaran Traveloka Poin guna berkontribusi dalam pengadaan makanan untuk balita bagi keluarga yang kurang mampu.

Adapun jumlah Traveloka Poin yang berhasil ditukarkan senilai Rp200.040.000 atau setara dengan 20.004 kemasan Milna Nature Delight yang telah disalurkan melalui Rumah Zakat. Penyaluran makanan yang dilakukan pada 25 Maret 2020 lalu ini telah diterima oleh 1.667 keluarga yang berdomisili di Desa Berdaya Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Bentuk kolaborasi donasi Traveloka Poin juga dilakuakn Traveloka dengan produk Kalbe Consumer Health, Fatigon. Bersama Fatigon, Traveloka memanfaatkan kanal Traveloka Poin untuk menyalurkan produk Multivitamin Fatigon kepada salah satu #PejuangHidup yang harus tetap berjuang saat pandemi COVID-19.

Sementara, bersama PT Amerta Indah Otsuka melalui produk SOYJOY, Traveloka menyalurkan 5.000 snack bars SOYJOY kepada paramedis di Jakarta. Traveloka juga berkolaborasi dengan lembaga non-profit, Rotary Club Bandar Lampung untuk membagikan lima ribu masker kain kepada masyarakat yang membutuhkan di kota tersebut.

“Melalui berbagai inisiatif yang kami lakukan dengan para mitra, kami mengajak masyarakat Indonesia, terutama pengguna Traveloka untuk turut berkontribusi dan berpartisipasi secara aktif guna menekan dampak dan laju penyebaran COVID-19 di tanah air. Kami percaya, kontribusi positif sekecil apa pun dari setiap individu akan berdampak besar dalam membantu pemerintah, masyarakat, serta tenaga medis dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tutup Dion. 

MARKETEERS X








To Top