2 Inovasi Toyota Dukung Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
01 April 2022
marketeers article
Memasyarakatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia sudah menjadi perhatian Toyota sejak lama. Sebagai bukti komitmen dan kontribusi terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia untuk mendorong penggunaan teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Kijang Innova EV Concept. TAM juga menerapkan Standar Emisi Euro 4 pada kendaran Diesel mereka. 
Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, TAM memamerkan prototipe Kijang Innova berbasis battery electric vehicle (BEV) yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak di booth mereka. Kehadiran Innova EV menjadi kali pertama model tersebut dipamerkan.
Innova EV merupakan salah satu produk kendaraan ramah lingkungan yang dijanjikan Toyota untuk pasar otomotif Indonesia. Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance dan sesuai dengan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kehadiran Innova EV sekaligus menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional.
“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik. Kami memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.
Tidak hanya perkenalkan Kijang Innova EV Concept, pada ajang IIMS 2022 TAM juga mengumumkan implementasi mereka terhadap kebijakan standar gas buang yaitu penerapan standar emisi Euro 4 di semua tipe kendaraan Toyota yang menggunakan bahan bakar diesel. Mulai April 2022, enam model kendaraan Toyota yaitu Fortuner, Kijang Innova, Land Cruiser, Hilux, Hiace dan Dyna yang dipasarkan di Indonesia dipastikan telah memenuhi standar emisi Euro 4.
“Dengan diimplementasikannya standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor
Dua langkah yang diambil Toyota sejalan dengan visi dan semangat mereka untuk menghadirkan solusi mobilitas untuk setiap lapisan pelanggan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ke depannya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related