2020: Naiknya Tren Gawai Lipat

marketeers article

Samsung Electronics telah melepas Galaxy Fold ke pasar luas. Sebelumnya, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini terus mengejar peluncuran ponsel lipat yang diklaim pertama di dunia itu. Kini setelah Galaxy Fold, Samsung harus bersiap menghadapi pesaing dengan segmen serupa.

Setidaknya dua model gawai lipat baru akan segera diluncurkan oleh Samsung tahun depan. Namun, di waktu yang bersamaan, LG Electronics juga akan memperkenalkan ponsel lipat pertama mereka.

Dilansir dari Korea Herald, Samsung sendiri akan memperkenalkan ponsel lipat terbaru mereka yang terlipat secara vertikal. Ini seperti versi upgrade dari Galaxy Fold. Ponsel lipat dengan model rumah kerang (clamshell) ini diperkirakan diperkenalkan Februari 2020 bersamaan dengan edisi ke-11 Galaxy S.

“Samsung berencana melebarkan lini produk gawai lipat mereka di pasar. Semua bergantung pada respons pasar pada model rumah kerang yang akan diluncurkan pada tahun 2020. Tetapi, tampaknya sudah cukup jelas Samsung memiliki keinginan untuk memperluas lini produk ini,” ujar Choi Bo-young, analis dari Kyobo Securities.

Ponsel lipat terbaru Samsung diperkirakan akan hadir dengan seharga US$ 845 (sekitar Rp 11,8 juta). Ini merupakan salah satu strategi Samsung untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga menjadikan clamshell ini sebagai model di pasar luas.

Mulai Jumat (13/12/2019) lalu, Galaxy Fold resmi masuk ke pasar Indonesia dengan dibukanya preorder melalui situs resmi mereka. Namun, Samsung masih ingin melebarkan jangkauan mereka hingga sekitar 60 negara setidaknya pada Februari 2020. Tercatat sekitar 500.000 Galaxy Fold telah terjual sejak peluncuranya, September lalu. Namun, jumlah tersebut masih jauh dari target penjualan mereka yang mencapai enam juta tahun depan.

Related