Technology

25 Ribu Taksi Bluebird Bakal Terintegrasi dengan IoT

Photo Credits: Bluebird

Bluebird kian menunjukkan upaya mereka untuk survive di tengah era disrupsi. Kian aktif berinovasi, kali ini Bluebird melengkapi 25 ribu armada taksi mereka dengan teknologi IoT (Internet of Things).

Menggandeng Telkomsel sebagai kolaborator, Bluebird mencoba bermigrasi dari perusahaan konvensional menjadi perusahaan yang mengintegrasikan dunia digital.

Telkomsel menghadirkan IoT Control Center, solusi cloud-based untuk melakukan manajemen perangkat IoT bagi Bluebird. IoT Control Center ini diklaim Telkomsel mampu memberikan visibilitas dan keamanan aset perusahaan, menjaga kualitas layanan, memastikan kinerja perangkat selalu optimal, serta memprediksi biaya pengeluaran.

“Dengan berbagai manfaat yang dihadirkan, Bluebird berharap IoT Bluebird yang didukung oleh layanan Telkomsel ini dapat menjadi solusi yang membantu Bluebird mengakselerasikan produktivitas dan kinerja sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan,” kata Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo di Jakarta, Senin (26/08/2019).

IoT Control Center diyakini mampu memperkuat sebuah ekosistem IoT secara menyeluruh melalui berbagai perangkat yang saling terkoneksi di dalam jaringan Bluebird. Salah satunya adalah IoT Bluebird yang akan menjadi solusi pengganti Fleety, sebagai perangkat penghitung argo serta penerima pesanan berbasis jaringan 2G yang selama ini dipakai di armada Bluebird.

Saat ini, ekosistem IoT di armada Bluebird ditargetkan untuk diimplementasi pada 10 ribu unit hingga 31 Desember 2019. Secara keseluruhan, potensi armada Bluebird yang mengimplementasikan layanan IoT Control Center Telkomsel mencapai 25 ribu taksi. Bluebird dan Telkomsel menargetkan dapat mencapai target tersebut pada Kuarta II 2020.

Tidak hanya mentransformasi operasional taksi Bluebird menjadi berbasis IoT, Telkomsel turut menyediakan akses khusus yaitu UMB (USSD Menu Browser) khusus bagi pengemudi taksi Bluebird untuk melakukan top-up paket data dari Telkomsel.

“Menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan Bluebird ini dapat menginspirasi berbagai industri lainnya dalam mengimplementasikan teknologi digital demi karena penguasaan teknologi menjadi kunci penentu bagi Indonesia untuk bisa bersaing di era Industri 4.0,” tutur Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top