unicef

unicef
Lifestyle

Empat Tips Street Photography bagi Pemula

Photo Credits: 123rf

Perkembangan teknologi membawa pengaruh pada tren fotografi. Seiring dengan perkembangan teknologi kamera, terutama pada kamera smartphone yang tak kalah kualitas dengan kamera pro seperti DSLR, hobi mengabadikan street photography pun kian popular. Bagi Anda yang penasaran dan ingin memulai hobi ini, berikut ini empat tips mudah yang diberikan Pendiri Komunitas iPhonesia Aries Lukman bersama Street Photographer Nico Horald, check this out!

Perhatikan Interaksi Sekitar

Menangkap momen menjadi tantangan terbesar dari street photography. Anda pun harus selalu sigap dengan gawai untuk menangkap momen yang terjadi. “Interaksi sosial dapat menjadi momen yang menarik karena pada dasarnya yang menarik dalam street photography adalah sesuatu yang terjadi secara alami,” ungkap Aries dalam Bincang Shopee di Jakarta, Sabtu (25/08/2018).

Kuasai Teknik Dasar Fotografi

Mungkin terdengar klasik, namun menguasai teknik dasar fotografi seperti triangle exposure (ISO, ​shutter speed​ , dan ​aperture), teknik komposisi dasar, serta kerja kamera akan sangat membantu. Menguasai teknik fotografi dasar juga dapat membantu melatih sense pengambilan foto Anda.

Tentukan Timing yang Tepat

“Kesempatan untuk hunting street photography bisa kapan pun. Pagi, siang, malam, cuaca panas, mendung, maupun hujan, foto yang dihasilkan bisa ciamik,” ujar Nico. Soal lokasi, ia mengatakan tidak hanya outdoor, lokasi indoor seperti mal atau lingkungan sekitar kantor juga bisa menjadi lokasi yang menarik selama timing pengambilan foto tersebut tepat.

Berlatih dengan Manfaatkan Momen Sekitar

Learning by doing menjadi mantra yang tepat dalam dunia fotografi. Untuk mulai berlatih, Aries dan Nico menyarankan untuk membiasakan diri berlatih dengan memanfaatkan momen di sekitar. Mereka menyarankan bagi Anda yang ingin berlatih street photography untuk berkunjung ke lokasi-lokasi favorit para street photography hunter, seperti Monumen Nasional (Monas), Kawasan Petak Sembilan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Priok, ataupun Surya Kencana (Bogor).

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top