Cara Pepsodent Raih Hati dan Kepercayaan Konsumen

marketeers article

Sebuah brand akan diadvokasi ketika telah berhasil meraih hati dan kepercayaan konsumen sehingga menjadi top of mind dalam benak konsumen. Untuk itu, selain memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, merek harus mampu mengenal konsumennya.

“Dengan mengenal siapa mereka, kami dapat menemukan pendekatan komunikasi dan cara berinteraksi yang tepat dengan mereka. Hal-hal itulah yang selama ini menjadi kunci sukses Pepsodent dalam mempertahankan posisi di pasar sebagai merek pasta gigi dengan penjualan no.1 di Indonesia,” kata Mirza Roesli selaku Head of Marketing Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk kepada Marketeers.

Selama lebih dari 80 tahun, Pepsodent senantiasa melakukan inovasi produk sesuai dengan berbagai segmen kebutuhan konsumen. Bukan hanya itu, Pepsodent juga melakukan inovasi dalam berinteraksi dengan konsumen. Salah satunya adalah melalui kampanye Petualangan Mama Sigi dan Pepo.

“Kampanye tersebut bertujuan untuk membantu keluarga Indonesia dalam membangun kebiasaan baik sikat gigi dua kali sehari dengan memanfaatkan teknologi, yaitu dengan menggunakan platform Facebook Bot,” tutur Mirza.

Mirza menambahkan, pihaknya memahami bahwa di era yang serba digital ini, upaya pemasaran melalui platform digital penting dilakukan. Pepsodent merasa upaya digital memegang peranan penting dalam menjangkau konsumen agar lebih efektif dan dekat. Karenanya, penting bagi Pepsodent memahami saluran mana yang sering digunakan oleh konsumen.

Dalam menyelenggarakan kampanye, sambung Mirza, Pepsodent terlebih dahulu memahami konsumen. Dengan demikian, Pepsodent mampu merumuskan kampanye aktivasi yang relevan dan up to date dengan konsumen dan pasar yang dinamis.

“Setelah dirumuskan, kami akan mengimplementasikan rencana tersebut dengan upaya yang dapat menjangkau konsumen secara luas sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan,” tambahnya.

Tahun 2016, selain menyelenggarakan kampanye Petualangan Mama Sigi dan Pepo, Pepsodent ikut serta dalam kegiatan edukasi pada Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional. Dalam kegiatan ini, Pepsodent menggandeng sejumlah pihak yang memiliki kesamaan visi seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Selain itu, terkait edukasi, Pepsodent juga melakukan school program sepanjang tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini telah menjangkau sekitar 1 juta siswa di 2.000 sekolah setiap tahunnya. Dan, hasilnya memang luar biasa. Hingga kini, Pepsodent menjadi brand pasta gigi yang paling banyak direkomendasikan masyarakat Tanah Air.

Related