Perkuat Merek Jadi Jurus Ultra Milk Hadapi Kompetisi

marketeers article

Berdasarkan laporan dari TNS tahun 2015, konsumsi di Indonesia terutama susu cair hanya mencapai 3,36 liter per kapita per tahun. Kondisi ini lantaran dipengaruhi oleh kebiasaan minum susu di Indonesia yang hanya terfokus pada anak anak hingga umur 12 tahun.

Melihat kondisi ini, Ultra Milk terus memberikan edukasi agar susu cair makin gemar dikonsumsi masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan menyelenggarakan Milk Education Program.

“Program ini dilakukan untuk menciptakan kebiasaan sehat minum susu sejak dini dan terus konsisten dipertahankan hingga tua. Program ini ditujukkan untuk anak sekolah, guru, orang tua, komunitas, dan Health Care Profesional,” kata Siska Suryaman, Head of Marketing produksi PT Ultrajaya Milk Industry (ULTJ).

Siska menyebutkan, kegiatan edukasi ini dilakukan untuk memperkuat merek. Selain Milk Education Program, Ultra Milk masuk ke segmen remaja melalui kampanye Make Your Move. “Dalam penyelenggaran kampanye tersebut, kami mengedukasi dengan menggunakan cara dan gaya yang diterima anak muda,” kata Siska.

Selain itu, Ultra Milk tak lupa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Salah satunya adalah produk Ultra Mimi yang diperuntukan bagi anak umur 2-6 tahun yang tersedia dalam 4 rasa.

Untuk dapat terus memenangkan hati konsumen, lanjut Siska, pihaknya sadar hal itu saja tidak cukup. Perlu inovasi lain dalam hal pengembangan produk dan melakukan aktivasi yang relevan dengan tren masa kini. “Kami berusaha mengikuti selera pasar, termasuk soal lifestyle untuk kami jadikan inspirasi dalam berbagai kegiatan. Hal ini kami lakukan demi menjaga kedekatan dengan konsumen,” tambahnya.

Meski telah menjadi top of mind untuk kategori susu cair dalam kemasan dengan rasa, Ultra Milk tetap melihat branding sebagai kegiatan pemasaran yang penting untukmempertahankan brand visibility. Untuk itu, Ultra Milk melakukan store branding di lebih dari 550 outlet, menggunakan media Out-Of-Home (OOH) seperti billboard, car panel, milkbar, dan movers café, serta menggunakan channel digital.

“Pada 2016, kami bekerja sama dengan brand fashion apparel Uniqlo. Kami melalukan Co-Branding Ultra Milk pada T-shirt yang dijual di Uniqlo di seluruh dunia. Ini merupakan Project South East Asia Brand untuk Brand Market Leader di negara masing-masing,” tutupnya.

Related