Media

55 Film Tentang Perempuan Hasil Kolaborasi Netflix dan UN Women

Sumber: 123rf

Netflix dan UN Women meluncurkan program bertajuk Cerita Perempuan (Because She Watched) pada Rabu (4/3/2020). Program ini merupakan koleksi khusus dari Netflix yang menampilkan berbagai serial dokumenter dan film dalam rangka Hari Perempuan Internasional.

Meramaikan program Cerita Perempuan, Netflix membesut aktris dan sineas perempuan dari seluruh dunia untuk memilih judul-judul film pilihan mereka. Terdapat 55 perempuan yang terlibat dalam pemilihan film dalam program ini, mereka adalah Sophia Loren (Italia), Salma Hayek (Meksiko), Yalitza Aparicio (Spanyol), Millie Bobby Brown (Inggris), Laurie Nunn (Inggris), Lana Condor (Amerika Serikat), Petra Costa (Brazil), Ava Duvernay (Amerika Serikat, dan Mira Lesmana (Indonesia).

Dijelaskan oleh Anita Bhatia, Wakil Derektur Eksekutif UN Women di California, Amerika Serikat, kolaborasi ini sebagai jawaban mengenai tantangan untuk menceritakan kisah tentang perempuan. Kaum perempuan juga memiliki kemampuan dan keunikan dengan keberagamannya.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memunculkan isu-isu yang selama ini tidak terlihat. Sekaligus, membuktikan bahwa perempuan punya keterlibatan besar dalam industri film,” katanya.

Program Cerita Perempuan mengusung tema “Saya Generasi Kesetaraan: Menyadari Hak-Hak Perempuan”. Program ini akan menampilkan karya-karya film yang diproduksi oleh sineas perempuan. Beberapa judul popular ikut terlibat dalam program ini, seperti Unbelievable, Luna Nera, Followers, Orange is the New Black, dan Lionheart.

Sementara itu, sutradara perempuan asal Indonesia yang terpilih untuk berkontribusi dalam program ini, Mira Lesmana mengungkapkan bahwa dirinya akan memilih film Roma. Film yang meraih tiga penghargaan Oscar pada tahun 2019 ini dianggap menunjukkan solidaritas antarperempuan.

Roma sangat indah dan digambarkan dengan realistis. Lewat film ini, saya rasa penonton dapat belajar bahwa dengan mendukung satu sama lain, perempuan bisa menemukan kekuatan untuk menghadapi rintangan apa pun,” ungkap Mira.

Koleksi Cerita Perempuan dapat dinikmati dengan mengetik kata kunci yang sama pada search bar di aplikasi dan laman Netfilx. Program ini juga dilabeli XXX’s Women’s Day Pick untuk mempermudah pengguna mencari konten pilihannya.

“Televisi dan film memilki kekuatan untuk merefleksikan dan membentuk budaya populer. Dengan melihat cerminan kehidupan perempuan dalam koleksi Cerita Perempuan, diharapkan inklusivitas bagi kaum perempuan akan meningkat di semua aspek kehidupan,” tutup Anita.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top