Consumer Goods

Adidas Modernisasi Konsep Varsity Jacket Lewat Produk VRCT

Produsen apparel olahraga, adidas, merilis varian jaket VRCT. Konsep VRCT mengambil dari jaket bergaya letterman yang ditampilkan dengan desain yang baru meskipun masih memiliki nuansa klasik elegan.

“VRCT itu tentang bagaimana sebuah fashion item yang klasik bisa menjadi sesuatu kebanggaan yang bercerita mengenai banyak hal dan tidak terbatasi oleh zaman,” ujar  Welliam Lauw, Brand Communications & Sports Marketing Manager adidas Indonesia.

Konsep jaket lettermman dan varsity ini dulunya merupakan simbol identitas, khususnya di negara-negara barat. Biasanya, pemiliki jaket varsity merupakan anggota dari kelompok tertentu atau seseorang yang sudah berhasil menjadi juara dalam ajang olah raga.

“Konsep varsity jaket ini sudah ada sejak lama. Kami ingin agar konsumen bisa mendapatkan rasa bangga ketika mengenakannya,” tambah Welliam.

Jaket VRCT hadir dengan variasi customizable patch yang mengajak atlet dan pecinta olahraga untuk menyuarakan rasa bangga atas diri mereka atas apa yang telah menjadi bagian dari diri mereka.

Jaket VRCT hadir dengan patch bertuliskan huruf ‘A’ yang mewakili tim klasik adidas, dan juga lima design global bertuliskan ‘I’MPERFECT’, ‘SACRIFICE’, ‘AUTHOR’, ‘BRAVE’, dan ‘FAMILY’.

Khusus di Indonesia, adidas bekerjasama dengan ilustrator Emte untuk mendesain tiga patch yang dapat menjadi simbol dari elemen budaya khas Indonesia. Ketiga patch tersebut mewakili hal-hal yang mana para pecinta adidas akan dapat merasakan keterikatan dengan budayanya saat memakai jaket VRCT.

“Dengan semangat yang sudah disuarakan melalui patches yang dirilis secara global, kami ingin memperluas desain-desain lain yang mengingatkan kita pada elemen-elemen budaya kita sendiri di mana kita tidak merasa asing lagi. Untuk mewujudkan keinginan ini, kami memilih jalur kolaborasi demi mendapatkan sudut pandang yang baru,” ujar Welliam.

Kolaborasi adidas Indonesia dengan ilustrator Emte terwujud dalam tiga desain patch berkarakter hantu pocong, lukisan sawah khas anak sekolah dasar, dan kendaraan bajaj dengan tumpukan barang di atasnya. VRCT dan kolaborasi dengan Emte memperkenalkan cara lain untuk menyatakan rasa bangga, identitas dan rasa memiliki akan dari mana ia berasal. Ketiga desain ini dipilih karena mewakili begitu banyak ragam penduduk di Indonesia. Tiap-tiap orang yang dapat memberikan cerita dan kesan yang berbeda saat melihatnya.

Tidak hanya dengan Emte, adidas Indonesia juga menunjuk lima special influencer untuk produk VRCT. Yakni Melanie Putria, Daniel Mananta, Jennifer Bachdim, Sherly Sheinafia, dan Julian Jacob.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top