Technology

Akuisisi Fitbit, Google Janji Tidak Jual Data Kesehatan Konsumen

Google resmi mengakuisisi produsen wearable devices Fitbit. Sebelum diakuisisi, Fitbit merupakan salah satu pemain besar dalam industri wearable devices global.

Dalam kompetisi global berdasarkan data IDC di kuartal dua 2019, Fitbit berada di posisi ke empat untuk kategori wearable devices. Di bawah Xiaomi, Apple, dan Huawei.

Google, menurut Rick Osterloh selaku Senior Vice President, Devices & Services Google menilai dalam beberapa tahun terakhir Google telah melakukan upaya untuk masuk ke industri ini. Salah satunya melalui bermitra dengan Wear OS dan Google Fit.

Tapi, Rick melihat peluang besar untuk berinvestasi lebih banyak lagi di Wear OS dan memperkenalkan perangkat wearable yang diproduksi oleh Google ke pasar.

Rick juga melihat Fitbit merupakan pelopor dalam industri ini. Produknya digemari dan banyak memberikan manfaat kepada para penggunanya.

“Dengan bekerja sama dengan tim ahli Fitbit, dan menyatukan AI, perangkat lunak, dan perangkat keras terbaik, kami dapat membantu memacu inovasi pada produk yang dapat dikenakan dan membangun produk untuk memberi manfaat lebih banyak lagi bagi seluruh konsumen,” terang Rick.

Bagi Rick, Google memiliki cita-cita membuat alat yang dapat membantu orang meningkatkan pengetahuan, kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan mereka. Tujuan ini sangat selaras dengan fokus lama Fitbit pada kesehatan dan membantu orang untuk hidup lebih sehat dan lebih aktif. Tetapi untuk mendapatkan hal ini dengan benar, privasi dan keamanan adalah yang terpenting.

“Saat Anda menggunakan produk kami, Anda mempercayai Google dengan informasi Anda. Kami memahami ini adalah tanggung jawab besar dan kami bekerja keras untuk melindungi informasi Anda, membuat Anda memegang kendali dan memberi Anda transparansi tentang data Anda,” jelasnya.

Google berkomitmen dengan transparansi data yang mereka kumpulkan. Salah satunya adalah dengan tidak menjual informasi kesehatan dan kebugaran para konsumennya kepada para pengiklan.

Fitbit diakuisisi oleh Google senilai dengan US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 29 triliun. Produk Fitbit pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Saat ini, Fitbit memiliki 28 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan telah menjual lebih dari 100 juta perangkat.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

MARKETEERS X








To Top