Consumer Goods

Alibaba Bawa Tiga Misi Baru Dalam Festival Belanja 11.11

Alibaba Group umumkan misi mereka pada Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019. Dengan skala dan jangkauan lebih besar dari tahun sebelumnya, festival 11.11 akan dihadiri oleh lebih dari 200.000 merchant dan 22.000 di antaranya akan berasal dari 78 negara, termasuk Indonesia.

Tahun ini, Alibaba akan menawarkan satu juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini, 100 juta lebih banyak dari tahun lalu. Alibaba juga berencana membagikan dua miliar “angpau digital” dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba.

Jiang Fan, President Tmall dan Taobao, mengungkapkan bahwa ada tiga fokus utama yang mendorong penyelenggaran 11.11 tahun ini. Pertama, New Consumption, untuk meningkatkan daya beli di kota-kota kecil. China mengalami peningkatan daya belanja yang besar, baik di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Hal ini menciptakan saluran pertumbuhan bagi Alibaba serta pemilik merek dan penjual di platformnya untuk bergerak dalam memenuhi permintaan konsumen.

Terhitung pada Juni 2019, terdapat 266 juta pengguna aktif bulanan Taobao sejak dua tahun terakhir. Pada tahun fiskal 2019, 70% dari mereka berasal dari kota-kota kecil. Namun, Alibaba menegaskan tidak hanya berfokus pada pertumbuhan jumlah konsumen di kota-kota kecil. Secara paralel, Alibaba juga akan mendukung digitalisasi pebisnis dan pabrik di kota-kota kecil tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan memberikan mereka akses pada analitik, teknologi Internet of Things, dan berbagai perangkat pemasaran.

“Kami ingin memacu permintaan konsumen dan mendukung peningkatan gaya hidup di China dengan menghadirkan berbagai brand dan produk baru,” terang Jiang Fan di Shanghai, Senin (21/10/2019).

Kedua, New Business, untuk upgrade Tmall menjadi Tmall Flagship Store 2.0. Versi terbaru Tmall Flagship Store kini menawarkan berbagai fitur dan alat baru yang menyediakan ruang bagi brand untuk dapat berinteraksi lebih jauh dengan konsumen mereka melalui konten yang kaya dan interaktif, serta pengalaman omnichannelMerchant mampu mengatur flagship store mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih mengesankan bagi para konsumen. Para merchant dapat mengatur konten dan promosi produk untuk berbagai tipe konsumen berdasarkan profil mereka.

Terakhir, Green Society, untuk menjadikan 11.11 lebih ramah lingkungan. Bagi Alibaba kampanye belanja ini tidak melulu soal memecahkan volume dan GMV tiap tahunnya. Tapi juga menginisiasi pembangunan yang berkelanjutan.

Alibaba akan menyiapkan 75.000 pusat daur ulang: 40.000 diantaranya melalui Cainiao Smart Logistics Network dan 35.000 melalui para mitra kurir ekspresnya. Selain itu, Alibaba juga akan menetapkan 20 November sebagai “Hari Daur Ulang Kardus Nasional” di Tiongkok, dengan menjadikan seluruh pusat daur ulang tersebut menjadi fasilitas daur ulang permanen. Ke depannya, kardus-kardus bekas pakai yang sudah didaur ulang akan dimanfaatkan untuk pengemasan dan pembungkusan paket.

“Karena skalanya yang besar, kami juga akan memastikan bahwa Global Shopping Festival 11.11 akan dilaksanakan dengan mengusung prinsip hijau dan ramah lingkungan,” tutupnya.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

MARKETEERS X








To Top