Opinion

Antisipasi Kewajiban Bekerja Saat Liburan

Musim liburan akhir tahun telah tiba. Banyak orang yang sudah mempersiapkan beragam hal untuk menikmati liburan. Namun, ada juga yang bisa berlibur meskipun tetap harus stand-by bekerja. Baru-baru ini, JobStreet membagikan beberapa tips bagi Anda yang terpaksa bekerja selama liburan akhir tahun ini.

Pertama, perjelas prioritas pekerjaan Anda. Tanyakan pada atasan apa prioritas bisnisnya untuk hari-hari tersebut. Jadwalkan terlebih dahulu sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin lebih awal. Buat kesepakatan dengan atasan untuk mengondisikan jam kerja Anda pada hari-hari tertentu sehingga Anda tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.

Setelahnya coba berikan alternatif. Bicaralah dengan atasan apakah Anda bisa membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah untuk membuatnya lebih mudah. Anda juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan sehingga tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya, dan bahkan bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan liburan besar berikutnya.

Kalau memang terpaksa harus tetap bekerja, ada baiknya Anda rayakan terlebih dahulu atau sesudahnya. Anda tidak harus merayakannya pada hari H. Mintalah teman dan anggota keluarga Anda untuk membuat pengecualian dan rayakan sebelum atau segera setelahnya. Dengan cara ini, Anda tidak akan benar-benar ditinggalkan.

Salah satu yang paling penting adalah jauhi media sosial. Kita bisa dengan mudah tergoda untuk mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga saat terjebak di tempat kerja. Tapi itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Singkirkan media sosial saat bekerja selama liburan.

Setelah bekerja keras, jangan pernah lupa untuk manjakan diri setelah bekerja. Beri diri Anda sesuatu yang ditunggu-tunggu, jadi bekerja selama liburan tidak begitu suram. Mungkin dengan membeli jaket, konsol game, perawatan spa, atau menikmati makanan malam dengan orang yang Anda cintai. Apa pun itu, pastikan cukup untuk menjaga semangat Anda.

Editor: Sigit Kurniawan

 

 

MARKETEERS X








To Top