Lifestyle

Apple Bersiap Masuk ke Industri Perfilman

SUMBER: THE VERGE

Apple akan masuk ke industri perfilman dengan menayangkan beberapa film orisinilnya di bioskop. Sebelumnya, perusahaan pembuat iPhone tersebut telah mengumumkan bahwa layanan streaming Apple TV Plus akan rilis pada 1 November. Namun, Apple tidak ingin berhenti di layanan streaming saja. Mereka juga berencana untuk main “aman” dengan Hollywood dengan merilis film mereka di bioskop untuk beberapa saat sebelum dapat dinikmati melalui Apple TV Plus.

Dengan strateginya tersebut, Apple mungkin akan mengikuti jejak Amazon untuk mendapatkan Oscar. Amazon berhasil meraih Oscar dengan film Manchester by The Sea setelah penayangannya selama tiga bulan di bioskop sebelum merilisnya secara streaming. Berbeda dengan Netflix yang meminta pemilik teater untuk merilis film yang diproduksinya secara bersamaan dengan saat tersedia di layanan streaming. Hal ini memunculkan kritik pada film Netflix yang dikatakan tidak pantas mendapatkan Oscar karena tidak tayang lama di bioskop.

Seperti yang telah dikatakan, Apple sepertinya memang telah mengincar Oscar dengan strategi amannya tersebut. Hal ini dikarenakan tiga film pertama yang akan dirilis oleh Apple tahun ini semuanya dapat menjadi kandidat Oscar.

Film dokumenter yang sangat dinantikan, The Elephant Queen merupakan film orisinil Apple pertama yang akan masuk ke bioskop pada 18 Oktober, dan akan ditayangkan di Apple TV Plus pada 1 November. Kemudian akan disusul oleh Hala yang akan tayang pada 22 November di bioskop dan bulan Desember di layanan Apple TV Plus. Dan, terakhir film Samuel L. Jackson, The Banker akan rilis di bioskop pada awal Desember, dan akan dapat ditonton di Apple TV Plus pada Januari.

Keputusan yang diambil Apple ini dilatarbelakangi oleh konflik yang terjadi antara Netflix dengan distributor teater utama, seperti AMC dan Regal. Netflix tidak pernah memberikan filmnya untuk ditayangkan selama 12 minggu di bioskop. Ini disebabkan karena prioritas Netflix adalah ke pelanggan dan melayanai kebutuhan mereka di rumah. Dikutip dari The Verge, Apple mengatakan bahwa mereka “tidak ingin menjadi Netflix” ketika berhubungan dengan distributor bioskop.

Namun, tidak hanya tiga film pertama Apple saja yang akan mengincar Oscar. Para pelanggan sepertinya perlu bersiap melihat CEO Apple Tim Cook duduk di meja Oscar, mengingat Apple TV Plus akan bekerja sama dengan A24 studio untuk memproduksi beberapa film orisinilnya di masa depan.

Most Popular








To Top