Apple Rencana Pindahkan 25% Produksi iPhone Ke India Tahun 2025

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
22 September 2022
marketeers article
Apple Rencana Pindahkan 25% Produksi iPhone Ke India Tahun 2025 (FOTO:123RF)
Apple mulai merakit beberapa perangkat di India dan Vietnam, mengurangi ketergantungannya pada Cina. Analis J.P. Morgan mengatakan perusahaan sedang bersiap untuk menjadikan kedua negara sebagai pusat produksi iPhone. Diperkirakan, Apple akan merelokasi 5% dari manufaktur iPhone 14 ke India pada akhir 2022, dan 25% dari semua iPhone pada tahun 2025.
India telah memikat Foxconn dan Wistron dengan subsidi saat mencoba menjadi pusat manufaktur. Raksasa produksi asing, “sumber daya tenaga kerja yang cukup,” dan “tingkat tenaga kerja yang kompetitif” menjadikan India tujuan yang layak, kata para analis. Selanjutnya, Vietnam akan memproduksi 20% iPad, Apple Watches, MacBook, dan AirPods pada tahun 2025, mengutip dari TechCrunch.
“Rantai pasokan iPhone India secara historis hanya memasok model lama. Menariknya, Apple telah meminta agar vendor EMS memproduksi model iPhone 14/14 Plus di India pada Q4-2022, dalam waktu dua hingga tiga bulan sejak dimulainya produksi di Daratan Cina. Interval yang jauh lebih pendek menyiratkan semakin pentingnya produksi India dan kemungkinan alokasi iPhone yang lebih tinggi untuk manufaktur India di masa depan,” tulis laporan FoneArena, Kamis (22/9/2022).
India kebanjiran peminat
Tak hanya Apple yang menjadikan India sebagai basis produksi. Menurut The Information, Google bermaksud untuk memproduksi ponsel Pixel dalam jumlah terbatas di India. Google melewatkan pengiriman model unggulan ke India selama dua generasi, tetapi akan memperkenalkan seri Pixel 7, seperti yang mereka umumkan kemarin.
Samsung telah mendirikan salah satu pabrik terbesarnya di India, yang dianggap sebagai basis manufaktur global utama. OPPO, Vivo, dan OnePlus, tiga pesaing terbesar Xiaomi, juga membuat beberapa produknya di dalam negeri. Apple telah berinvestasi lebih banyak di India dalam lima tahun terakhir, meskipun pangsa pasarnya kecil.
Apple memulai toko online di negara itu pada dua tahun lalu dan berencana untuk membuka lokasi fisik. Foxconn memiliki 20.000 perakit iPhone di India, dan 350.000 di Cina.
Di sini, Apple ingin memproduksi varian iPhone 14/14 Plus di India karena penyelarasan modul kamera iPhone Pro yang rumit dari vendor EMS dan peningkatan permintaan lokal untuk penghematan pajak iPhone 14. Pada Q4-2022, diharapkan 1 juta unit per bulan, atau 5% dari total volume iPhone akan diproduksi di sini.

Related