Consumer Goods

AQUA Perkuat Edukasi Masyarakat Lewat Wahana Kidzania

Sumber: Danone-AQUA

Edukasi tentang air dan penggunaannya semakin penting untuk dilakukan. Tidak hanya untuk melestarikan lingkungan, tapi juga untuk membangun kesadaran masyarakat agar bertanggung jawab dengan sumber daya yang ada.

Hal inilah yang mendorong Danone-AQUA untuk memperkenalkan area edukasi baru yang berjudul Sampahku, Tanggung Jawabku. Area edukasi ini terdapat di AQUA Water Research Training Center di Kidzania Pacific Place, Jakarta.

“Wahana edukasi ini menjadi wujud AQUA dalam misi memfasilitasi proses belajar yang menyenangkan untuk anak Indonesia,” kata Intan Ayu Kartika, Brand Director Danone-AQUA.

Bahan Ajar 3R AQUA Water Research Training Center Kidzania (Sumber: Danone-AQUA)

AQUA Water Research Training Center memiliki tiga zona belajar interaktif PIJAR, yaitu Pilih, Jaga, dan Rawat. Ketiga zona ini memperlihatkan bagaimana AQUA diproduksi sejak pemilihan kualitas air minum, proses penjagaan kualitas air minum sejak diproduksi, hingga proses perawatan lingkungan di sekitar sumber air minum. Wahana ini pun berada di zona rawat.

Diklaim oleh Intan, penambahan wahana baru di zona rawat ini menjadi cara Danone-AQUA untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya merawat lingkungan yang lebih luas. “Sekaligus memperkuat komitmen brand untuk menanamkan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap kelestarian alam, terutama pada anak-anak,” tambahnya.

Pembelajaran Memilah Sampah (Sumber: Danone-AQUA)

Sampahku, Tanggung Jawabku menghadirkan zona edukasi mengenai pengelolaan sampah dengan cara 3R (reduce, reuse, recycle). Anak-anak yang datang juga diajarkan untuk memilah sampah dan memahami tanda-tanda yang ada di tempat sampah agar mereka dapat membuang sampahnya di tempat yang tepat.

Tidak hanya itu, wahana baru ini juga memperlihatkan kehidupan kedua setelah proses daur ulang. Di antaranya botol AQUA yang kini 25% bahan pembuatannya berasal dari plastik daur ulang dan botol AQUA LIFE yang 100% terbuat dari plastik daur ulang yang bisa didaur ulang kembali.

“Tidak hanya botol plastik, mereka juga diperkenalkan dengan berbagai jenis bahan yang berasal dari plastik daur ulang seperti dakron dan benang poliester. Pengetahuan ini dapat memberikan kesadaran bahwa plastik yang mereka gunakan sehari-hari dapat memiliki kehidupan kedua jika dikelola dengan benar,” lanjut Intan.

Wahana baru di AQUA Water Research Training Center Kidzania ini sekaligus menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang dicanangkan oleh Danone-AQUA. Wahana ini memperkaya pilar edukasi Danone-AQUA, di luar dua pilar lainnya, yakni inovasi dan pengumpulan.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top