Resource & Energy

Arti Penting SNI Bagi Pertamina Lubricants

Sebagai pemimpin pasar pelumas Nasional, PT Pertamina Lubricants kembali menunjukkan komitmennya dalam penerapan SNI (Standar Nasional Indonesia), mutu dan standar produk pelumasnya dengan meraih peringkat Platinum pada SNI Award 2019 untuk kategori Organisasi Besar Barang Sektor Kimia Farmasi, Tekstil dan Pertambangan. Penghargaan diterima oleh Direktur Operasi PT Pertamina Lubricants Mohammad Irfan, Kamis di Jakarta, (20/11/2019).

Ini merupakan penghargaan SNI ke-delapan yang diraih PT Pertamina Lubricants sejak tahun 2011 dan merupakan tahun kedua dimana perusahaan membawa pulang penghargaan peringkat Platinum, yakni pengakuan tertinggi SNI Award. Sampai saat ini jumlah sertifikat SNI PT Pertamina Lubricants sudah mencapai 100% dengan varian di atas 100 produk dan merupakan yang terbanyak untuk perusahaan sejenis.

SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia khusus Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada organisasi yang dinilai telah menjalankan sistem manajemen operasional yang baik dan telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten.

Kementerian Perindustrian telah mengeluarkan aturan SNI Wajib Pelumas kendaraan bermotor yang berlaku efektif September 2019. “Kami sudah menerapkan SNI di berbagai produk pelumas otomotif dan industri. Ini merupakan komitmen perusahaan untuk secara konsisten memberikan produk dengan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia dan juga memiliki competitive advantage ketika bersaing dipasar global,” ungkap Direktur Operasi PT Pertamina Lubricants Mohammad Irfan.

Sampai saat ini, PT Pertamina Lubricants telah mensertifikasikan SNI pada produk pelumas unggulannya sejak tahun 2010. Sampai pada tahun 2019, Pertamina Lubricants telah mendapatkan SPPT SNI wajib dan sukarela sebanyak lebih dari 192 produk pelumas baik pelumas otomotif dan industri yang di produksi di tiga pabrik di Indonesia yakni Production Unit Jakarta, Gresik dan Cilacap termasuk Fastron Series, Enduro Series, Meditran Series, Prima XP, Mesran Series dan ratusan produk pelumas industri.

“Kami terus menerapkan mutu dan kualitas produk pelumas yang tidak hanya berstandar nasional, namun juga berstandar dunia dan kami terus melakukan improvement untuk semua proses bisnis kami. Penghargaan ini membuktikan bahwa produk pelumas karya anak bangsa sudah tidak perlu diragukan lagi. Kami mampu bersaing dan sudah mampu berinovasi dengan standar yang luar biasa. Mutu terjamin dan konsumen terlindungi,” katanya.

Penerapan SNI Wajib memiliki tujuan sendiri bagi PT Pertamina Lubricants. Pertama, PT Pertamina Lubricants mengedepankan kepentingan konsumen dan masyarakat Indonesia dengan memastikan bahwa mutu dan kualitas pelumas Pertamina telah memenuhi Standar Nasional Indonesia dan diakui secara internasional. Selain itu, SNI juga dapat meningkatkan daya saing lokal serta mematangkan strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis secara global. Penerapan SNI wajib ini juga akan mendorong PT Pertamina Lubricants untuk terus melakukan kontrol dan evaluasi kualitas produk denganketat untuk memberikan produk yang prima.

“Kami berterimakasih kepada BSN dengan adanya penghargaan ini. Semoga masyarakat Indonesia semakin sadar pentingnnya SNI dan dapat menjadikannya sebagai patokan untuk memilih produk yang memang benar-benar berkualitas.” Tutup Mohammad Irfan.

MARKETEERS X








To Top