Automotive

Astraotoshop Beri Pelatihan Guru Pemasaran SMK di 13 Kota

Banyak lulusan SMK yang sulit mendapatkan pekerjaan, karena memiliki kompetensi yang belum sesuai dengan tuntutan dunia industri. Terpanggil untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK, terutama jurusan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Astraotoshop.com dan Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI) menggelar pelatihan untuk guru-guru SMK di 13 kota di Indonesia.

Kota-kota tersebut mencakup Manado, Jakarta, Cirebon, Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Palembang, Padang, Pekanbaru, dan Balikpapan. Pelatihan di Manado dan Jakarta pun sudah digelar beberapa waktu lalu.

Dedy Budiman, praktisi di bidang penjualan dan pendidikan menjadi pembicara dalam pelatihan di 13 kota. Dedy mengatakan, untuk meningkatkan kualitas para lulusan SMK, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas para gurunya terlebih dahulu. Alasannya, para guru tersebutlah yang sehari-hari mengajar dengan siswa-siswi di kelas.

“Banyak guru yang masih gagap teknologi. Kami pun menggunakan materi berbentuk video karena generasi ini cara belajarnya berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka suka dengan visual dan yang berhubungan dengan teknologi,” tutur pria yang juga menjadi Ketua Dewan Pembina AGMARI.

Video merupakan salah satu metode paling tepat, karena visual, kongkrit, dan mudah dipahami. Semua proses belajar menggunakan smartphone, tanpa notebook. Selain itu, Deddy juga menggunakan metode belajar terbalik (flipped learning). Sebelum pelatihan di dalam kelas, para peserta diberi materi dan mesti mempelajarinya. Tujuannya ketika pelatihan berlangsung di kelas, tercipta active learning atau interaksi dua arah antara peserta pelatihan dengan fasilitator.

Dedy berharap, setelah pelatihan peserta dapat menularkan ilmu yang diperoleh kepada murid-murid di sekolah masing-masing. Termasuk, bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk dunia marketing. “Coba perhatikan, perusahaan mana yang tidak membutuhkan konten marketing. Hampir semua industri membutuhkan konten,” tuturnya.

Pebrizayanti, Ketua Umum AGMARI mengatakan, selama ini para guru SMK jurusan BDP terlena hanya mengajarkan materi pelajaran yang sifatnya teoritis. “Ini untuk mendekatkan SMK dengan dunia industri. Bersyukur sekarang banyak lulusan SMK yang diterima kerja di perusahaan besar bukan hanya sebagai SPG (sales promotion girl),” tuturnya.

Sementara itu, Dian Pertiwi, E-commerce Supervisor PT Astra Otoparts Tbk menuturkan, dunia online penting di dunia kerja, karena sekarang semuanya serba online di Astra Group.

Astraotoshop.com sendiri adalah perusahaan e-commerce suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Astra Otoparts.

“Keuntungan online bisa menghemat biaya, bisa melayani customer selama 24 jam, dan meningkatkan engagement perusahaan dengan customer,” tutup Dian.

MARKETEERS X