Finance

Asuransi Syariah Bersinar, Sun Life Gandeng Bank Muamalat

Photo Credits: Linkar Komunika

Menilik jumlah penetrasi asuransi jiwa syariah yang perlahan meningkat di Indonesia, perusahaan perencana keuangan keluarga, Sun Life menggandeng bank Muamalat menghadirkan layanan dan produk asuransi berbasis syariah. Menggabungkan jangkauan nasabah bank Muamalat yang tersebar di seluruh Indonesia dan merek Sun Life yang telah dikenal di dunia asuransi, kedua pihak optimistis dapat meraih peluang besar di pasar Indonesia.

Sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, industri keuangan berbasis syariah di Indonesia terbilang potensial. Membuka catatan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016, indeks literasi keuangan syariah baru mencapai 8,16%. Sementara, data Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menunjukkan, penetrasi asuransi jiwa syariah sepanjang 2018 terus mengalami peningkatan meski berada di bawah 5%.

“Sektor syariah menjadi sektor bisnis yang krusial bagi perusahaan, dan terus menunjukkan tren yang positif dengan menyumbang sekitar 9% dari total premi Sun Life secara keseluruhan. Kemitraan yang kami jalin bersama Bank Muamalat menjadi langkah penting untuk meningkatkan akses bagi masyarakat terhadap layanan produk asuransi syariah kami. Kolaborasi ini sekaligus menegaskan konsistensi Sun Life dalam menghadirkan solusi asuransi berbasis syariah yang terjangkau dan memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” jelas Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia di Jakarta, Rabu (19/06/2019).

Untuk tahap awal kerja sama ini, dalam waktu dekat, Sun Life akan meluncurkan produk unit link yang akan dilengkapi dengan fitur wakaf. Kehadiran produk ini diposisikan untuk menjawab kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan yang lebih baik, sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah dalam beribadah, khususnya dalam berwakaf.

Sementara, skema kermitraan ini dikatakan Achmad Kusna Permana, CEO PT Bank Muamalat Indonesia mencakup, penempatan Tenaga Pemasar Asuransi Sun Life di cabang-cabang Bank Muamalat Indonesia (in-branch), Telemarketing, serta melalui e-banking.

Produk-produk yang dipasarkan termasuk Single Premium Unit Link, Regular Premium Unit Link, Term Life serta Micro Insurance yang akan dipasarkan melalui distribusi e-banking.

“Menggabungkan jangkauan nasabah Bank Muamalat yang tersebar di seluruh Indonesia dengan keunggulan Sun Life sebagai pionir bagi industri asuransi syariah tanah air, kami percaya melalui kerja sama ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang dapat meraih berbagai manfaat dan keunggulan yang ditawarkan produk asuransi perbankan berbasis syariah,” tutur Achmad.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top