Technology

Bagaimana Teknologi Alibaba Cloud Bantu China Perangi COVID-19?

Photo Credits: Alibaba

Alibaba Cloud, DAMO Academy dan DingTalk meluncurkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan solusi berbasis cloud guna memerangi pandemi, COVID-19. Teknologi ini ditujukan untuk mendukung pengambil keputusan bisnis, peneliti, dan tenaga medis di seluruh dunia dalam mengatasi tantangan COVID-19 melalui berbagai bidang.

Solusi pertama yang ditawarkan melalui teknologi ini adalah Platform Komunikasi Ahli Medis Internasional di aplikasi chat dan kolaborasi DingTalk.

Platform ini memungkinkan tenaga medis terverifikasi di seluruh dunia untuk berbagi pengalaman mereka dan berkonsultasi guna mendapat panduan melalui pesan online, konferensi video, dan livestreaming.

Tim medis dan staf Rumah Sakit Rujukan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang (FAHZU) yang merupakan garda depan dalam memerangi penyebaran COVID-19 di Tiongkok telah menggunakan platform ini.

“Melalui platform ini, staf medis FAHZU dapat berbagi pengalaman dan pembelajaran mereka secara lebih luas kepada dunia medis internasional,” tulis representatif Alibaba dalam keterangan resmi, Jumat (20/03/2020).

Solusi kedua yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah Prediksi Epidemi. Berdasarkan machine learning data publik dan telah diuji pada 31 provinsi di China, institusi penelitian dan inovasi Alibaba DAMO Academy mengembangkan solusi untuk memprediksi epidemi yang mampu memperkirakan tren pergerakan wabah koronavirus di wilayah tertentu.

Algoritmanya dapat memperkirakan skala dan durasi infeksi, termasuk memprediksi waktu puncaknya (peak time). Selain itu, ketika kebijakan kesehatan publik dan langkah-langkah penanganan diterapkan di wilayah tertentu, model ini dapat menghasilkan tiga kemungkinan hasil dari penyebaran virus, yakni optimis, netral dan pesimis.

Solusi teknologi ini memiliki tingkat akurasi 98% di China dan dapat digunakan sebagai referensi bagi pembuat keputusan untuk mengatasi penyakit ini.

Selain itu, teknologi ini juga memiliki solusi Diagnosa Secara Cepat. DAMO Academy meluncurkan teknologi sekuensing genom berbasis AI yang dapat mendiagnosa 20 orang secara bersamaan dalam waktu 14 jam. Waktu ini jauh lebih cepat dari proses normal, dengan hasil analisis yang akurat dan komprehensif terhadap subyek.

Inovasi lain dari DAMO Academy adalah sistem CT-imaging berbasis AI yang dapat mendiagnosis COVID-19 dalam 20 detik dengan tingkat akurasi 96%. Sistem ini menggunakan deep learning untuk mempelajari pola infeksi berdasarkan data dan CT scan pada dada dari ribuan pasien terkait kasus virus COVID-19. Saat ini, sistem ini berfungsi sebagai analisa pemberi opini kedua bagi dokter di lebih dari 160 rumah sakit di China.

Terakhir, Alibaba Cloud juga membuka platform komputasi mereka kepada kelompok-kelompok dan lembaga penelitian di seluruh dunia yang mengembangkan vaksin untuk membantu mempercepat penemuan obat-obatan dan vaksin. Platform berbasis AI ini dapat membantu mempercepat transfer data dan waktu komputasi untuk penelitian di berbagai bidang, seperti screening obat virtual.

Platform komunikasi di DingTalk disediakan Alibaba Cloud secara gratis. Sementara, solusi lain dapat dicoba secara gratis untuk organisasi yang memenuhi syarat.

Sejak COVID-19 mewabah, Alibaba Cloud telah memberikan dukungan infrastruktur dan teknis untuk bisnis dan organisasi di berbagai bidang seperti ritel online, pembelajaran online, penelitian medis, dan konsultasi.

MARKETEERS X








To Top