Government & Public Services

Bangun Ekonomi Digital, Pemprov Jakarta Gandeng Gojek dan Tokopedia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meningkatkan peran Smart City dengan menggandeng beberapa startup lokal sebagai mitra strategis ekonomi digital. Dua di antaranya adalah Gojek dan Tokopedia.

Fokus kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Tokopedia meliputi pemberdayaan pegiat UMKM. Mitra ekonomi akan mendukung pemerintah dalam menyediakan pelatihan dan pemantapan kepada UMKM. Pelatihan ini dilaksanakan demi mempersiapkan para pegiat UMKM untuk bersaing dan berkontribusi lebih terhadap perekonomian di era digital, baik melalui ranah offline maupun online.

Kerja sama strategis Pemprov DKI Jakarta dengan mitra ekonomi, seperti Tokopedia juga berfokus kepada peningkatan layanan Kartu Jakarta Pintar Plus dan KJMU Plus, digitalisasi sektor kepariwisataan dan transportasi publik, hingga kolaborasi pembangunan taman literasi digital.

“Kali ini, kami bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung Smart City. Harapannya, masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta, bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih mudah mengakses layanan publik dan berkontribusi terhadap perekonomian digital daerah dengan memulai usaha,” terang Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni, di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, Gojek akan mendukung konsep Smart City Pemprov DKI Jakarta dengan melibatkan beberapa program dan layanan Gojek, termasuk GoNusantara untuk pilar ​Smart Econom​y, serta GoTix dan LOKET untuk pilar SmartTourism​.

“Kami berharap bahwa kolaborasi membangun Jakarta Smart City ini dapat membantu masyarakat, dan seluruh mitra ekosistem Gojek, seperti mitra driver, merchants GoFood, dan mitra GoLife menjadi lebih produktif, lebih nyaman dan lebih sejahtera,” imbuh Panji Winanteya Ruky, SVP Public Policy and Government Relations Gojek.

Melalui GoNusantara Gojek secara konsisten mendorong pengembangan UMKM melalui pelatihan kewirausahaan. Di Jakarta, program GoNusantara dilakukan dalam kolaborasi dengan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan target 200.000 UMKM baru yang dapat terus berkembang di era digital.

Guna mendukung pilar ​Smart Tourism​,Gojek melalui layanan GoTix akan menghadirkan kolom khusus Enjoy Jakarta. Layanan GoTix yang menyediakan ​ticketing dan penyedia informasi beragam acara dan tempat hiburan dalam aplikasi Gojek tersebut diharapkan dapat memperluas dan memudahkan akses bagi masyarakat ke berbagai destinasi pariwisata di ibu kota.

Para pengguna Gojek dapat memanfaatkan berbagai hal, mulai dari pembelian tiket ​online​, hingga melakukan promosi acara melalui solusi ​event andentertainment LOKET. Di Indonesia, DKI Jakarta merupakan Provinsi pertama yang memiliki laman eksklusif untuk mempublikasikan acara terkini dan destinasi wisata dalam aplikasi Gojek.

Gojek juga mendukung pengembangan fasilitas umum di Ibu kota. Sebagai contoh, membangun ​shelter untuk penjemputan di berbagai destinasi wisata dan sarana publik, seperti stasiun MRT, LRT, Transjakarta, dan lain-lain sebagai bagian dari upaya mengintegrasikan layanan Gojek dengan transportasi publik.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top