Retail & Property

Bangun Ekosistem, Nilai Tambah TwoSpaces di Bisnis Space Management

Kota-kota besar di negara ini masih memiliki masalah dengan kemacetan yang membuat terjadinya inefisiensi, dari waktu hingga energi. Hal ini mendorong warganya untuk terus menyelaraskan antara kehidupan dan pekerjaan dengan mencari tempat yang mengakomodasi berbagai kebutuhan sekaligus.

Fenomena tersebut pada akhirnya membuka sebuah peluang bisnis baru, yakni space management yang menawarkan tempat multifungsi, mulai dari coworking, coretail, cowarehouse, hingga coliving. Fungsi ini terintegrasi melalui teknologi untuk memberikan pengalaman baru serta berbagai kemudahan bagi para Member-nya. Salah satu pemain di space management adalah TwoSpaces yang baru saja melakukan rebranding.

“Perlu dicatat bahwa TwoSpaces tidak memposisikan diri sebagai startup kekinian di bidang teknologi, namun TwoSpaces tetap menghadirkan terobosan dalam teknologi yang inovatif dalam memudahkan para member kami yang kian menuntut kepraktisan dan pengalaman dalam berinteraksi dengan sebuah ruang,” ujar Ronni Sofrani, Chief Executive dan Co-Founder TwoSpaces dalam keterangan resminya.

Ronni menambahkan TwoSpaces lebih dari sekedar membangun ruang dan komunitas namun juga membangun ecosystem yang komprehensif dan terintegrasi. Menawarkan berbagai jenis ruang untuk kebutuhan retail, kantor, hingga gudang. Ada juga  program workshop berkesinambungan  guna mengasah softskill bagi mereka yang hendak menggeluti passion menjadi sebuah bisnis. “Ini yang kami sebut membangun ecosystem secara komprehensif,” tegas Ronni.

Meski mengaku bukan tech-startup, namun TwoSpaces tetap menghadirkan sentuhan teknologi berupa mobile application. Teknologi  ini guna  mendukung layanan digital hospitality berupa e-secretary dan e-concierge. Selain itu, ada pula tenant management system yang memudahkan member untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan kontrak dan penagihan biaya sewa untuk semua jenis ruang di manapun secara web-based.

TwoSpaces mulai beroperasi  tahun 2016 silam dan berawal dari usaha sampingan, TwoSpaces baru saja menyelesaikan rebranding pada pertengahan tahun 2019 dari sekedar coworking operator menjadi full service space management. Kini, TwoSpaces telah mengoperasikan 3 cabang coworking yang terintegerasi dengan coretail serta 1 cowarehouse.

Ekosistem dengan dukungan teknologi untuk kemudahan dan kenyamanan para member ini ditujukan untuk berbagai kalangan sehingga harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Untuk private office misalnya, harga sewa mulai dari Rp 1 juta  per bulan. Konsumen setia yang sudah menjadi member TwoSpaces sangat beragam mulai dari shipping company, perusahan tambang,travel, publisher, brokerage, asuransi, hingga software house.

“Coworking kami yang berada di BSD Sector XIV memiliki ruang retail yang diisi oleh QNC Laundry, sebuah startup di bidang laundry. Ini adalah pengalaman baru bagi pekerja yang dimudahkan untuk menyelesaikan kebutuhan laundry bersamaan dengan pergi ke kantor dalam satu poin destinasi yang sama,” imbuh Ronni.

Lalu, cabang di BSD CasaDeParco dan Meruya, TwoSpaces bekerjasama dengan startup retailer F&B, yakni Kei Coffee dan Grun. Sedangkan untuk cowarehouse, TwoSpaces bekerjasama dengan startup logistik dalam mengelola 1.000m2 gudang di area Kapuk Kamal.








To Top