Finance

Bangun Literasi Keuangan, Asuransi Astra Gandeng Influencer

Asuransi Astra

Masyarakat kini menggunakan media sosial sebagai alat untuk mencari informasi atau memperdalam pengetahuan, tidak terkecuali informasi terkait perencanaan keuangan. Melihat tren ini, Asuransi Astra mengajak para influencer sebagai key opinion leader berbagai kanal media sosial untuk belajar bersama menyusun perencanaan keuangan sehat melalui talkshow.

Mengangkat tema “Setting Up Your Healthy Financial”, Asuransi Astra menggandeng konsultan keuangan independen, Jouska Indonesia untuk dapat berbagi kiat-kiat menyusun perencanaan keuangan sehat.

Dalam presentasinya, Dewi Syahputri, Financial Advisor dari Jouska Indonesia menjelaskan bahwa menabung, investasi, menjalankan bisnis lain di luar pekerjaan yang dilakukan sehari-hari merupakan faktor-faktor penting yang harus diperhatikan. Selain itu, masyarakat perlu mengelola risiko keuangan melalui asuransi.

Sadar bahwa asuransi merupakan hal yang masing asing dan dikesampingkan oleh sebagian besar masyarakat, Dewi pun memberikan beberapa tips dalam memilih asuransi yang benar-benar bisa diandalkan. Seperti keterbukaan akan informasi tentang produk secara mendetail, harga, pertanggungan yang akan didapat, hingga berbagai layanan tambahan seperti call center dan layanan darurat adalah hal yang perlu diperhatikan.

“Menurut OJK, pada tahun 2017 indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,87%, lebih rendah dari pada indeks literasi keuangan yang sudah mencapai 31% dengan tingkat penetrasi asuransi diklaim tidak lebih dari 3%,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra dalam laporannya.

Padahal, sambung Iwan, asuransi memiliki peran yang penting dalam perencanaan keuangan yang sehat karena bisa menghindarkan diri dari pengeluaran tidak terduga akibat risiko yang bisa terjadi di mana saja. “Dari pada tiba-tiba dompet tipis, #TauGitu pakai asuransi,” tutup Iwan.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top