Opinion

Waspada, Banyak CEO Pesimistis dengan Pertumbuhan Ekonomi Global

Riset PwC yang dirilis pada World Economic Forum Annual Meeting di Davos, Swiss, menunjukan bahwa para CEO global pesimistis dengan kondisi perekonomian global saat ini.  Sebanyak 53% responden memprediksi bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi akan menurun pada tahun 2020. Angka ini naik dari 29% pada tahun 2019.

Sebaliknya, jumlah CEO y ang memproyeksikan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi turun dari 42% pada 2019 menjadi hanya 22% pada 2020. Sikap pesimistis para CEO terhadap pertumbuhan ekonomi global terutama sangat signifikan di Amerika Utara, Eropa Barat, dan Timur Tengah, di mana sebanyak 63%, 59%, dan 57% responden CEO dari wilayah tersebut memprediksi pertumbuhan global yang lebih rendah di tahun mendatang.

PwC sempat menyakan apa yang paling dikhawatirkan oleh para CEO di tahun 2019, kala itu ketidakpastian pertumbuhan ekonomi berada di luar sepuluh kekhawatiran teratas bagi para CEO, yaitu di nomor 12. Namun di awal tahun 2020 ini kekhawatiran pada pertumbuhan ekonomi telah melonjak ke posisi ketiga, tepat di belakang konflik perdagangan, dan regulasi berlebihan.

“Tantangan-tantangan yang dihadapi oleh perekonomian global ini bukanlah hal baru. Namun skalanya dan kecepatan eskalasi dari beberapa tantangan tersebut adalah hal baru,” ujar  Bob Moritz, Chairman PwC.

Selain pertumbuhan ekonomi global, beberapa hal yang dikhawatirkan oleh para CEO ini adalahancaman siber dan perubahan iklim serta kerusakan lingkungan.

MARKETEERS X








To Top