Banyak Event Internasional di Bali, PLN Janjikan Listrik Tanpa Kedip

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
20 Juli 2022
marketeers article
Gandeng IHI Jepang, PLN Uji Coba Amonia untuk Co-firing PLTU. (FOTO: Dok PLN)
PT PLN (Persero) bakal memperkuat jaringan dan pasokan listrik di Bali yang kerap menjadi tuan rumah berbagai pertemuan internasional. Oleh karena itu, perusahaan pelat merah tersebut menjanjikan listrik tanpa kedip di wilayah Bali.
I Wayan Udayana, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Bali menjelaskan dari sisi pasokan daya, saat ini kapasitas pembangkit dalam kondisi cukup dengan daya mampu sebesar 980 megawatt (MW), perkiraan beban puncak mencapai 796 MW, sehingga terdapat cadangan daya hingga 184 megawatt.
“Di sisi hulu yakni pembangkit dalam kondisi aman, kami juga menjaga keandalan pasokan listrik dengan menyiapkan UPS (uninterruptible power supply) dan genset,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (20/7/2022).
Ia juga menyatakan event-event penting ini didukung oleh perusahaan dengan standar prosedur operasional dan menghindari kegiatan pemeliharaan sebelum ataupun sesudah masa kegiatan berlangsung, sehingga tidak akan terjadi pemadaman.
“PLN memastikan pengendalian operasi di seluruh sistem kelistrikan subsistem Bali dapat berjalan dengan baik dari sisi pembangkitan, transmisi, dan distribusi, untuk mengamankan penyaluran tenaga listrik untuk berbagai event penting yang saat ini sedang berlangsung,” ujar Udayana.
Jika terdapat kebutuhan mendesak untuk melakukan pemeliharaan di masa siaga ini, PLN akan menerjunkan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan, sehingga pemeliharaan dapat dilakukan dalam keadaan jaringan tetap bertegangan atau tanpa padam.
Tim pun, menurutnya, telah terlatih dan profesional. Ia mengatakan untuk mendukung kegiatan ini, PLN menerjunkan setidaknya 50 personel di tiap event, agar pelanggan merasa aman dan yakin akan ketangguhan PLN dalam mengawal pasokan listrik. 
Udayana menambahkan jadwal pelaksanaan baik main event maupun side event yang totalnya mencapai 91 event hingga November 2022, telah dipetakan oleh PLN. Dengan demikian, pihaknya meyakinkan kemampuan dan profesionalitas PLN dalam mengawal kegiatan berskala internasional tak perlu diragukan lagi.
“Kami ingin meyakinkan kepada pelanggan dan masyarakat bahwa urusan listrik yang terbaik diserahkan saja kepada PLN, karena melalui serangkaian pengalaman, tidak hanya keandalan sistem kami sudah teruji, tim kami pun selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” tuturnya.

Related